Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Ahmad Faiz MaÔÇÖruf

Main Author: MaÔÇÖruf, Ahmad Faiz
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53743/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANMarufAhmadFaiz.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswaPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPS1diSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.YusufSuhartoM.Pd(2)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKuncimodelProblemBasedlearningkemampuanberpikiranalitis.HasilobservasiawaldidapatkanbahwakemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1SMANegeri7Malangmasihrendah.Gejalarendahnyakemampuanberpikiranalitissiswainiterlihatketikasiswakesulitandalammenyelesaikanmasalahyangdiberikan.Siswakesulitandalammengambilkeputusandanmencaripemecahanmasalah.Dalammenjawabpertanyaanbeberapasiswahanyamemindahkanjawabandaribukuataumenjawabdenganjawabanyangsebisanya.Rata-ratahasilteskemampuanberpikiranalitispratindakanmenunjukkanhanya267%dari30siswayangmendapatkannilaitescukupsedangkan733%siswamemilikikemampuanberpikiranalitiskurangdansangatkurang.Rendahnyakemampuanberpikiranalitisinidisebabkanolehprosespembelajaransiswayanghanyamenerimapelajarandenganmendengarkanpenjelasandarigurutanpabertanyalebihdalamlagimengenaimateriyangdisampaikan.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaperludilakukannyapenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswayaitumodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).KegiatanpembelajarandilaksanakandalamIIsiklusmasing-masingsiklusterdapat2pertemuan.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitianinidilaksanakandikelasXIIPS1SMANegeri7Malangdenganjumlahsiswa30orangpadamateriDinamikadanPermasalahanKependudukan.Pengumpulandatadilakukandenganobservasidokumentasidanpemberiansoaltes.Berdasarkanpenelitianyangsudahdilakukandiperolehrata-ratahasilteskemampuanberpikiranalitissiswapadapratindakansebesar6033padasiklusIsebesar747danpadasiklusIIsebesar8503.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwarata-ratakemampuanberpikiranalitissiswasetelahperlakuansiklus1mengalamipeningkatansebesar25.3%dansetelahperlakuansiklusIImengalamipeningkatansebesar1497%.BerdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkanbahwarendahnyakemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1SMANegeri7MalangpadamatapelajarangeografidapatditingkatkandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.