Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 7 Malang / Ahmad Faiz MaÔÇÖruf
Main Author: | MaÔÇÖruf, Ahmad Faiz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53743/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANMarufAhmadFaiz.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswaPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPS1diSMANegeri7Malang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.YusufSuhartoM.Pd(2)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKuncimodelProblemBasedlearningkemampuanberpikiranalitis.HasilobservasiawaldidapatkanbahwakemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1SMANegeri7Malangmasihrendah.Gejalarendahnyakemampuanberpikiranalitissiswainiterlihatketikasiswakesulitandalammenyelesaikanmasalahyangdiberikan.Siswakesulitandalammengambilkeputusandanmencaripemecahanmasalah.Dalammenjawabpertanyaanbeberapasiswahanyamemindahkanjawabandaribukuataumenjawabdenganjawabanyangsebisanya.Rata-ratahasilteskemampuanberpikiranalitispratindakanmenunjukkanhanya267%dari30siswayangmendapatkannilaitescukupsedangkan733%siswamemilikikemampuanberpikiranalitiskurangdansangatkurang.Rendahnyakemampuanberpikiranalitisinidisebabkanolehprosespembelajaransiswayanghanyamenerimapelajarandenganmendengarkanpenjelasandarigurutanpabertanyalebihdalamlagimengenaimateriyangdisampaikan.BerdasarkanpermasalahantersebutmakaperludilakukannyapenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswayaitumodelpembelajaranProblemBasedLearning.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).KegiatanpembelajarandilaksanakandalamIIsiklusmasing-masingsiklusterdapat2pertemuan.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PenelitianinidilaksanakandikelasXIIPS1SMANegeri7Malangdenganjumlahsiswa30orangpadamateriDinamikadanPermasalahanKependudukan.Pengumpulandatadilakukandenganobservasidokumentasidanpemberiansoaltes.Berdasarkanpenelitianyangsudahdilakukandiperolehrata-ratahasilteskemampuanberpikiranalitissiswapadapratindakansebesar6033padasiklusIsebesar747danpadasiklusIIsebesar8503.Darihasiltersebutdapatdisimpulkanbahwarata-ratakemampuanberpikiranalitissiswasetelahperlakuansiklus1mengalamipeningkatansebesar25.3%dansetelahperlakuansiklusIImengalamipeningkatansebesar1497%.BerdasarkanhaltersebutdapatdisimpulkanbahwarendahnyakemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1SMANegeri7MalangpadamatapelajarangeografidapatditingkatkandenganmenggunakanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.