Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan Lembaga Kegiatan Peserta Didik (LKPD) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Geografi kelas XI IPS 4 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Arditya Nur Achmadi

Main Author: Achmadi, Arditya Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53742/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANAchmadiArdityaNur.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)MenggunakanLembarKegiatanPesertaDidik(LKPD)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPS4SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelPembelajaranBerbasisMasalahLembarKegiatanPesertaDidikKemampuanBerpikirKritis.BerdasarkanpengamatanyangdilakukandikelasXIIPS4SMALaboratoriumUMMalangditentukanbahwaadakemampuanberpikirkritispesertadidikyangrendah.Rendahnyakemampuanberpikirkritispesertadidikdapatdilihatdaricarapesertadidikmenjawabpertanyaanguruyaitudenganmembacaulangdanmengungkapkanjawabansepertiyangtertulisdibukutanpaanalisissebelumnya.Kemampuanberpikirkritistingkatrendahdianalisisberdasarkan4(empat)aspekyaitu(1)aspekpesertadidik(2)aspekguru(3)aspekfasilitasdaninfrastruktur(4)aspekimplementasimodelpembelajaran.Berdasarkanhasilanalisisrendahnyatingkatkemampuanberpikirkritispesertadidikdisebabkanolehmodelpembelajaranyangdigunakanyangtidakmemberikanpraktikpesertadidikuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritismereka.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikdikelasXIIPS4SMALaboratoriumUMMalangmelaluipenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahpadamatapelajarangeografi.Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusmemiliki4tahapyaituperencanaanimplementasiobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS4SMALaboratoriumUMMalangada32siswa.InstrumenpenelitianadalahpertanyaanteskemampuanberpikirkritislembarobservasimodelPBLdanlembarcatatanlapangan.Analisisdatadilakukandenganmengukurkemampuanberpikirkritispesertadidikpadasiklusakhir.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanberpikirkritissiswayangdapatdilihatdarirata-rataskorteskemampuanberpikirkritis.DalamsiklusIrata-ratanilaiadalah6972danpadasiklusIIadalah7931.Olehkarenaituperbedaanrata-ratadalamsiklusIdansiklusIIadalah959danpersentaseperbaikanadalah1375%.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikdikelasXIIPS4SMALaboratoriumUMMalangdalammatapelajarangeografi.RekomendasiuntukguruadalahuntukmelakukaninovasimodelpembelajaranyaitusalahsatunyadenganpenerapanPBLuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.i