Penerapan pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri Ambulu Kabupaten Jember / Pipit Alfian Kristianto

Main Author: Kristianto, Pipit Alfian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53738/
Daftar Isi:
  • RINGKASANKristiantoPipitAlfian.2018.PenerapanpembelajaranKooperatifModelTeamAssistedIndividualizationuntukMeningkatkanHasilBelajarMataPelajaranGeografipadaSiswaKelasXIIPS4SMANegeriAmbuluKabupatenJember.SkripsiJurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)Dr.SinggihSusiloM.SM.Si.Katakuncicooperativelearningmodelteamassistedindividualization(TAI)hasilbelajar.ObservasiawaldiketahuimetodepembelajarangeografiyangdilakukandiSMANegeriAmbuluadalahceramahpemberiantugasdandiskusikelompok.Hasilbelajarsiswadenganketuntasanklasikal57%danrata-ratakelasnyasebesar7260.Jumlahketuntasanbelajarsiswakurangdarikriteriaketuntasanminimal(KKM)untukmatapelajaranGeografisebesar880575danketuntasanbelajarklasikalnyasebesar880585%.HasilbelajartersebutperludiperbaikidenganmenerapkanmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI).Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.PenelitianinidirancangdenganmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadaMei2018.SubjekpenelitianyaitusiswakelasXIIPS4yangberjumlah35siswa.Penelitianinidilakukandalam2siklus.Teknikpengumpulandatamelaluites.Tindakanyangdilakukanyaitupembelajarankooperatifmodelteamassistedindividualization(TAI).Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarsiswamengalamipeningkatanmulaidaripratindakankesiklus1dansiklus1kesiklus2.Rata-ratahasilbelajarpadapratindakansebesar7260padasiklus1meningkatmenjadi7447danpadasiklus2meningkatmenjadi8157.Terjadipeningkatanrata-ratahasilbelajardenganpersentasepeningkatansebesar953%.Ketuntasanbelajarjugamengalamipeningkatanpadaprosespembelajaranpratindakansebesar57%siklus1sebesar73%danpadasiklus2menjadi86%.Berdasarkanhasiltersebutdisarankan(1)Bagigurugeografiagarmenggunakanmodelteamassistedindividualizationuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.(2)Bagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarankooperatifmodelteamassistedindividualizationdengansubjekpenelitianyangberbeda.