Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran geografi pokok bahasan hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 MA Al-Ma'arif Singosari / Eka Putri Rachmawaty
Main Author: | Rachmawaty, Eka Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53722/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANRachmawatyEkaPutri.2018.PenerapanModelPembelajaranBerbasisMasalahPadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanHidrosferUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KatakunciModelPembelajaranBerbasisMasalahKemampuanBerpikirKritisPembelajarandidalamkelastentutidaklepasdariberbagaimacampermasalahan.Salahsatupermasalahantersebutyairurendahnyakemampuanberpikirkritis.SiswakelasXIPS3MAAl-MaarifSingosaridiketahuimemilikikemampuanberpikirkritisrendah.Rendahnyakemampuanberpikirkritisdiketahuiberdasarkannilaitesulanganharianyangmencakuptigaindikatorberpikirkritisdanhasilwawancara.Berdasarkannilaitesulanganhariandiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswarendahterlihatdarijawabansiswadalammenjawabsoaldari42siswahanyadelapansiswa(20%)yangmendapatkannilaitesulanganhariandiatasKKM.Berdasarkanhasilwawancaraterungkapbahwasiswamasihmemilikikemampuanberpikirkritisyangrendahhanyaadabeberapasiswayangmampumemberikanpendapatdanmengajukanpertanyaantentangmateriyangdiberikanpadasaatprosespembelajaran.PenelitianinimemilikitujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenerapkanmodelPBMdikelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.RancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Dalampenelitianiniterdapatduasiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksipadasetiapsiklunya.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPS3yangberjumlah42siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryangdiperolehdarisubyekpenelitian.Datayangdigunakanadalahdatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehdarihasiltes.Soalteskemampuanberpikirkritisberupasoalessaysebanyak5butirsoaluntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswa.TeskemampuanberpikirkritisdilaksanakansetelahtindakanpadasiklusIdansiklusII.Analisisdatayangdigunakanyaitudengancaramembandingkanrata-rataskorkemampuanberpikirkritissiklusIdansiklusII.Rata-rataskorkemampuanberpikirkritisdibandingkandenganmenggunakantabeldangrafikuntukmengetahuiapakahterjadipeningkatanataupenurunan.HasilpenelitianmenunjukanbahwamodelPBMdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.HasilpenerapkanmodelPBMmenunjukanbahwanilairata-ratakemampuanberpikirkritissiklusIsebesar727padasiklusIInilairata-ratakemampuanberpikirkritismeningkatmenjadi8145.PersentasepeningkatankemampuanberpikirkritissiklusIkesiklusIIsebesar124%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagipihaksekolahagarmenganjurkankepadagurugeografiuntukmenerapkanmodelPBMketikahendakmengajarkanmateriyangsamadenganpenelitianini.SedangkanbagigurugeografidisarankanagarmenerapkanmodelPBMuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.