Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran geografi pokok bahasan hidrosfer untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 3 MA Al-Ma'arif Singosari / Eka Putri Rachmawaty

Main Author: Rachmawaty, Eka Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53722/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANRachmawatyEkaPutri.2018.PenerapanModelPembelajaranBerbasisMasalahPadaMataPelajaranGeografiPokokBahasanHidrosferUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KatakunciModelPembelajaranBerbasisMasalahKemampuanBerpikirKritisPembelajarandidalamkelastentutidaklepasdariberbagaimacampermasalahan.Salahsatupermasalahantersebutyairurendahnyakemampuanberpikirkritis.SiswakelasXIPS3MAAl-MaarifSingosaridiketahuimemilikikemampuanberpikirkritisrendah.Rendahnyakemampuanberpikirkritisdiketahuiberdasarkannilaitesulanganharianyangmencakuptigaindikatorberpikirkritisdanhasilwawancara.Berdasarkannilaitesulanganhariandiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswarendahterlihatdarijawabansiswadalammenjawabsoaldari42siswahanyadelapansiswa(20%)yangmendapatkannilaitesulanganhariandiatasKKM.Berdasarkanhasilwawancaraterungkapbahwasiswamasihmemilikikemampuanberpikirkritisyangrendahhanyaadabeberapasiswayangmampumemberikanpendapatdanmengajukanpertanyaantentangmateriyangdiberikanpadasaatprosespembelajaran.PenelitianinimemilikitujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenerapkanmodelPBMdikelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.RancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Dalampenelitianiniterdapatduasiklusterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksipadasetiapsiklunya.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPS3yangberjumlah42siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryangdiperolehdarisubyekpenelitian.Datayangdigunakanadalahdatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehdarihasiltes.Soalteskemampuanberpikirkritisberupasoalessaysebanyak5butirsoaluntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswa.TeskemampuanberpikirkritisdilaksanakansetelahtindakanpadasiklusIdansiklusII.Analisisdatayangdigunakanyaitudengancaramembandingkanrata-rataskorkemampuanberpikirkritissiklusIdansiklusII.Rata-rataskorkemampuanberpikirkritisdibandingkandenganmenggunakantabeldangrafikuntukmengetahuiapakahterjadipeningkatanataupenurunan.HasilpenelitianmenunjukanbahwamodelPBMdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIPS3MAAl-MaarifSingosari.HasilpenerapkanmodelPBMmenunjukanbahwanilairata-ratakemampuanberpikirkritissiklusIsebesar727padasiklusIInilairata-ratakemampuanberpikirkritismeningkatmenjadi8145.PersentasepeningkatankemampuanberpikirkritissiklusIkesiklusIIsebesar124%.BerdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagipihaksekolahagarmenganjurkankepadagurugeografiuntukmenerapkanmodelPBMketikahendakmengajarkanmateriyangsamadenganpenelitianini.SedangkanbagigurugeografidisarankanagarmenerapkanmodelPBMuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.