Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audio visual pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang / Reskianto
Main Author: | Reskianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53721/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANReskianto.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)MenggunakanMediaAudioVisualpadaMataPelajaranGeografiuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswaKelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisualKemampuanBerpikirAnalitisHasilobservasiyangdilakukanpadatanggal13September2017danhasilulanganhariansiswakelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalangmenunjukkanadanyabeberapapermasalahan.Permasalahantersebutberhubungandengankemampuanberpikiranalitissiswa.Permasalahanpertamayangmunculadalahsiswakesulitanmenjawabpertanyaanyangmemuatkemampuanberpikiranalitis.Permasalahankeduaadapadanilaiulanganhariansiswayangmenunjukkanada15siswayangtidaktuntasdari36siswa.SalahsatucarauntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswaadalahdenganmenerapkanmodelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisual.ModelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisualmerupakanmodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahnyatayangadadilingkungansekitarsebagaipokokbahasannyadanmediaaudiovisualsebagaialatuntukmenyajikanpermasalahannya.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswadenganmenerapkanmodelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisual.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdenganmelaluiduasiklus.Setiapsiklusterdiridariduapertemuandenganmelaluitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitiansiswakelasXIIPS1MANGondanglegisebanyak33siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryanglangsungdiperolehdarisubyekpenelitian.Datayangdigunakandalampenelitianyaitudatakemampuanberpikiranalitisyangdiperolehdarihasiltes.Pengumpulandatakemampuanberpikiranalitissiswamenggunakansoaltesuraianyangberjumlah4soal.Soaltesuraiandibuatolehpenelitiyangdikembangkanberdasarkanindikatorkemampuanberpikiranalitisdandiberikanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswa.PadasiklusInilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswamencapai7576.SedangkanpadapelaksanaansiklusIInilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswamencapai7860.Berdasarkanhasiltersebutmenunjukkanadanyapeningkatankemampuanberpikiranalitissebesar284denganpersentase375%.DapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalangpadamateridinamikakependudukan.