Penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audio visual pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS 1 MAN Gondanglegi Kabupaten Malang / Reskianto

Main Author: Reskianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53721/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANReskianto.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)MenggunakanMediaAudioVisualpadaMataPelajaranGeografiuntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswaKelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisualKemampuanBerpikirAnalitisHasilobservasiyangdilakukanpadatanggal13September2017danhasilulanganhariansiswakelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalangmenunjukkanadanyabeberapapermasalahan.Permasalahantersebutberhubungandengankemampuanberpikiranalitissiswa.Permasalahanpertamayangmunculadalahsiswakesulitanmenjawabpertanyaanyangmemuatkemampuanberpikiranalitis.Permasalahankeduaadapadanilaiulanganhariansiswayangmenunjukkanada15siswayangtidaktuntasdari36siswa.SalahsatucarauntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswaadalahdenganmenerapkanmodelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisual.ModelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisualmerupakanmodelpembelajaranyangmenggunakanmasalahnyatayangadadilingkungansekitarsebagaipokokbahasannyadanmediaaudiovisualsebagaialatuntukmenyajikanpermasalahannya.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswadenganmenerapkanmodelProblemBasedLearningmenggunakanmediaaudiovisual.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelasdenganmelaluiduasiklus.Setiapsiklusterdiridariduapertemuandenganmelaluitahapperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.SubyekpenelitiansiswakelasXIIPS1MANGondanglegisebanyak33siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryanglangsungdiperolehdarisubyekpenelitian.Datayangdigunakandalampenelitianyaitudatakemampuanberpikiranalitisyangdiperolehdarihasiltes.Pengumpulandatakemampuanberpikiranalitissiswamenggunakansoaltesuraianyangberjumlah4soal.Soaltesuraiandibuatolehpenelitiyangdikembangkanberdasarkanindikatorkemampuanberpikiranalitisdandiberikanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswa.PadasiklusInilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswamencapai7576.SedangkanpadapelaksanaansiklusIInilairata-ratakemampuanberpikiranalitissiswamencapai7860.Berdasarkanhasiltersebutmenunjukkanadanyapeningkatankemampuanberpikiranalitissebesar284denganpersentase375%.DapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1MANGondanglegiKabupatenMalangpadamateridinamikakependudukan.