Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMAN 1 Batu ditinjau dari minatnya pada mata pelajaran Geografi / Daud Eka Prasetiya

Main Author: Prasetiya, Daud Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53714/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANPrasetiyaDaudEka.2018.PengaruhModelPembelajaranInkuriTerbimbingTerhadapBerpikirAnalitisSiswaKelasXIIPSSMANegeri1BatuDitinjauDariMinatPadaMataPelajaranGeografi.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(2)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KatakunciModelInkuiriTerbimbingKemampuanBerpikirAnalitisMinatPadaMataPelajaranGeografiPembelajaranyangdirancangdenganbaikdapatmengembangkankemampuanberpikiranalitis.KemampuanberpikiranalitisdapatdiperolehmelaluimodelpembelajaranInkuiriTerbimbing.Melaluikegiatanpembelajaraninkuiriterbimbingsiswaakanterlibataktifsecaralangsung.Keaktifansiswadapatterlihatdalamkegiatanpenyelidikandanpercobaandilapangan.Siswayangterlibataktifsecaralangsungmelaluipenyelidikandanpercobaanakanmampumembangundanmenemukankonseppengetahuannyasendiri.Keterlibatanaktifsiswadalamkegiatanpembelajaranmenjadikansiswamemilikipengalamannyata.PadaprosesnyapembelajarandenganmodelInkuiriTerbimbingjugamenuntutsiswauntukberkolaborasi.Melaluikolaborasiantarsiswadapatmengembangkankemampuanberpikiranalitisnyamelaluikegiatandiskusikelompok.BerdasarkanhaltersebutpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelInkuriTerbimbingterhadapkemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPSSMANegeri1Batuditinjaudariminatpadamatapelajarangeografi.Rancanganpenelitianiniadalaheksperimensemudengandesainpostestonlycontrolgrupdesignyangterdiridarikelaseksperimendankontrol.SubyekpenelitianiniyaitukelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendanXIIPS4sebagaikelaskontrol.Penelitianinimenggunakaninstrumenberupasoalessaisebanyak4butirsoal.Perhitunganteskemampuanberpikiranalitisdantingkatkecerdasansiswamenggunakanfaktorial2x3.TeknikanalisisdatamenggunakanSPSS16.0forwindows.Pengujianhipotesisdilakukandenganuji-f(analysisofvariance).Hasilpenelitianinimenunjukanbahwanilairata-ratakemampuanberpikiranalitispadakelasyangmenggunakanmodelInkuriTerbimbingmemilikinilairata-rata(85)lebihtinggidarikelasyangtidakmenggunakanmodelInkuiriTerbimbing(79).Selainituhasilnilaisignifikansimenunjukan0018804005makahaltersebutberartiH0ditolak.BerdasarkanhasilinidapatdisimpulkanbahwamodelInkuiriTerbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaSMANegeri1Batu.SelainitumodelInkuiriTerbimbingditinjaudariminatpadamatapelajarangeografijugaberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaSMANegeri1Batu.Haltersebutdapatditunjukandarihasilnilaisignifikasiyaitu0048804005makadapatdisimpulkanbahwaH0ditolaksehinggamenerimaH1yangartinyamodelInkuiriTerbimbingditinjaudariminatpadamatapelajarangeografiberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaSMANegeri1Batu.