Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN Kota Batu / Duwi Setiyo Wigati Ningsih
Main Author: | Ningsih, Duwi Setiyo Wigati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53711/ |
Daftar Isi:
- ivRINGKASANNingsihDuwiSetiyoWigati.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswapadaMateriKeragamanBudayaIndonesiaMataPelajaranGeografiKelasXIIPS1MANKotaBatu.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd.(II)Drs.HendriPurwitoM.Si.KataKunciProblemBasedLearning(PBL)KemampuanBerpikirAnalitisPembelajaranmenurutkurikulum2013mengarahkansiswauntukterlibatselamapembelajarandanmemilikikemampuanberpikirtingkattinggi.PembelajaranyangdemikianbelumditemukanpenelitipadasaatobservasipratindakandikelasXIIPS1MANKotaBatu.ApabilagurumengajukanpertanyaankognitifanalitisC4siswacenderungmenjawabpertanyaantersebutdenganjawabansoalkognitifC1danC2.DisampingituhasilulanganharianmateriKetahananPanganyangmemuatsoalanalitishanyaada4siswayangmencapaiKKM.Modelpembelajaranyangdigunakanjugasatuarahsehinggaketerlibatansiswamasihkurang.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1MANKotaBatupadaMateriKeragamanBudayaIndonesia.Haliniditinjaudaripermasalahanyangditemukanberdasarkanhasilobservasipratindakan.ModelPBLdigunakansupayasiswadapatmenggalipengetahuansecaramandirisehinggaberdampakpadameningkatnyakemampuanberpikiranalitiskhususnyapadamateriPelestariandanPemanfaatanProdukKebudayaanIndonesiadalamBidangEkonomiKreatifdanPariwisata.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).Rancanganpenelitianinidiawalidenganmelakukanobservasipratindakandiikutipelaksanaantindakanselamaduasiklusdengansetiapsiklusnyaterdiridariduapertemuan.Masing-masingsiklusdiakhiridenganobservasisertarefleksi.SubjekdalampenelitianiniyaitusiswakelasXIIPS1MANKotaBatudenganjumlah26siswayangterdiridari10siswalaki-lakidan16siswaperempuan.Datakemampuanberpikiranalitissiswadiperolehdariteskemampuanberpikiranalitissiswayangdilakukanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanberpikiranalitissetelahditerapkanmodelPBL.Kondisiinidiperkuatdenganhasilteskemampuanberpikiranalitissiswayangmengalamipeningkatandarikeseluruhanindikatoryangdigunakanpadasetiapsiklus.Rata-ratanilaikemampuanberpikiranalitissiswadiperolehhasilsebesar7027untuksiklusIdan8550untuksiklusIIdimanamengalamipeningkatansebesar1523atau2167%.AdanyahasiltersebuttidaklepasdarikegiatanselamatindakanyangmenyajikanpermasalahankontekstualkhususnyapadamateriKeragamanBudayaIndonesia.