Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa pada materi Keragaman Budaya Indonesia mata pelajaran Geografi kelas XI IPS di MAN Kota Batu / Duwi Setiyo Wigati Ningsih

Main Author: Ningsih, Duwi Setiyo Wigati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53711/
Daftar Isi:
  • ivRINGKASANNingsihDuwiSetiyoWigati.2018.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)untukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalitisSiswapadaMateriKeragamanBudayaIndonesiaMataPelajaranGeografiKelasXIIPS1MANKotaBatu.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd.(II)Drs.HendriPurwitoM.Si.KataKunciProblemBasedLearning(PBL)KemampuanBerpikirAnalitisPembelajaranmenurutkurikulum2013mengarahkansiswauntukterlibatselamapembelajarandanmemilikikemampuanberpikirtingkattinggi.PembelajaranyangdemikianbelumditemukanpenelitipadasaatobservasipratindakandikelasXIIPS1MANKotaBatu.ApabilagurumengajukanpertanyaankognitifanalitisC4siswacenderungmenjawabpertanyaantersebutdenganjawabansoalkognitifC1danC2.DisampingituhasilulanganharianmateriKetahananPanganyangmemuatsoalanalitishanyaada4siswayangmencapaiKKM.Modelpembelajaranyangdigunakanjugasatuarahsehinggaketerlibatansiswamasihkurang.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS1MANKotaBatupadaMateriKeragamanBudayaIndonesia.Haliniditinjaudaripermasalahanyangditemukanberdasarkanhasilobservasipratindakan.ModelPBLdigunakansupayasiswadapatmenggalipengetahuansecaramandirisehinggaberdampakpadameningkatnyakemampuanberpikiranalitiskhususnyapadamateriPelestariandanPemanfaatanProdukKebudayaanIndonesiadalamBidangEkonomiKreatifdanPariwisata.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelas(PTK).Rancanganpenelitianinidiawalidenganmelakukanobservasipratindakandiikutipelaksanaantindakanselamaduasiklusdengansetiapsiklusnyaterdiridariduapertemuan.Masing-masingsiklusdiakhiridenganobservasisertarefleksi.SubjekdalampenelitianiniyaitusiswakelasXIIPS1MANKotaBatudenganjumlah26siswayangterdiridari10siswalaki-lakidan16siswaperempuan.Datakemampuanberpikiranalitissiswadiperolehdariteskemampuanberpikiranalitissiswayangdilakukanpadasetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanberpikiranalitissetelahditerapkanmodelPBL.Kondisiinidiperkuatdenganhasilteskemampuanberpikiranalitissiswayangmengalamipeningkatandarikeseluruhanindikatoryangdigunakanpadasetiapsiklus.Rata-ratanilaikemampuanberpikiranalitissiswadiperolehhasilsebesar7027untuksiklusIdan8550untuksiklusIIdimanamengalamipeningkatansebesar1523atau2167%.AdanyahasiltersebuttidaklepasdarikegiatanselamatindakanyangmenyajikanpermasalahankontekstualkhususnyapadamateriKeragamanBudayaIndonesia.