Penerapan model problem based learning berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Genteng Kab. Banyuwangi / Hafadzoh Arifni

Main Author: Arifni, Hafadzoh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53694/
Daftar Isi:
  • ArifniHafadzoh.2018.PenerapanModelProblemBasedLearningBerbantuanMindMappingUntukMeningkatkanMotivasidanKemampuanBerpikirKritisSiswaSMAN1GentengKab.Banyuwangi.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)PurwantoS.PdM.Si.KataKunciproblembasedlearningmindmappingmotivasiberpikirkritisMotivasibelajaryangtinggisangatdiperlukanuntuksiswadalamsetiapprosespembelajaran.Motivasiyangrendahdapatmempengaruhikemampuanberpikirsiswa.Motivasibelajarsiswarendahterlihatketikadilakukanwawancaradenganmenggunakanindikatormotivasi(AttentionRelevanceConfidencedanSatisfaction)hasilnyamenyatakanbahwasiswakurangtermotivasiuntukbelajargeografi.KetikatesakhirbanyaksiswayangmasihremedialkarenanilainyakurangdariKriteriaKetuntasanMinimum(KKM).UntukmemecahkanmasalahpembelajarantersebutmakadianalisissalahsatumodelpembelajarangeografiyangdapatdigunakanadalahProblemBasedLearningyangakandipadukandenganMindMapping.DenganmodelpembelajaranProblemBasedLearningdipadukandenganMindMappingdiharapkanmampuuntukmeningkatkanmotivasidankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMAN1Genteng.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridaritigapertemuan.Dalampenelitianinipenelititerlibatlangsungdidalamseluruhprosespenelitianmulaidariperencanaanpenyusunanbahanajarpelaksanapengumpuldatadanpenganalisisdata.Teknikpengumpulandatamenggunakanlembarobservasiketerlaksanaanmodelpembelajaranlembarteskemampuanberpikirkritissertalembarkuesionermotivasibelajarsiswa.Teskemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajardinilaiberdasarkanindikatorkemampuanberpikirkritisdanmotivasibelajar.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaraproblembasedlearningberbantuanmindmappinginidapatmeningkatkanmotivasibelajardengannilairata-ratasebesar693padasiklusIdanmengalamipeningkatannilairata-ratamotivasisebesar81padasiklusII.Sedangkanuntukkemampuanberpikirkritissiswanilairata-ratapadasiklusIsebesar708danmengalamipeningkatannilairata-ratasebesar798padasiklusII.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelproblembasedlearningdipadukandenganmindmappingdapatmeningkatkanmotivasibelajardankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMAN1GentengKabupatenBanyuwangi.Berdasarkankesimpulandiatasdapatdisarankanbeberapahalsebagaiberikut(1)bagigurugeografisebaiknyamemanajemenkelasdenganbaikagarpembelajaranefektifdanterlaksanasemuasintaksdalampembelajaran(2)bagipenelitiselanjutnyaperlumelakukanevaluasisetiapselesaipembelajaranagarkekurangandankelebihanpembelajarandapatmenjadibahanpertimbangandalampembelajaranselanjutnya.