Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Risma Prameswari
Main Author: | Prameswari, Risma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53684/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANPrameswariRisma.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationpadaMataPelajaranGeografiterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswaKelasXIIPSSMALaboratoriumUMDitinjaudariTingkatKecerdasannya.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.H.M.Pd.M.Si.(II)Dra.YuswantiA.W.M.Si.KataKunciGroupInvestigastion(GI)kemampuanberpikiranalitistingkatkecerdasanKemampuanberpikiranalitissangatperludimilikisiswa.Kemampuanberpikiranalitissiswadapatdipengaruhiolehtingkatkecerdasannya.SelaintingkatkecerdasanterdapathallainyangperludipertimbangkandalamkemampuanberpikiranalitisyaitupemilihanmodelpembelajaranyangsesuaisepertiGroupInvestigation(GI).ModelpembelajaranGIdipilihsebabsesuaidengankurikulum2013dapatmengembangkankemampuanberpikiranalitisdansesuaiditerapkanpadapembelajarangeografi.SelainitukelebihanmodelpembelajaranGIyaitumeningkatkaninteraksisosialkeaktifandanpengalamanbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranGIpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaditinjaudaritingkatkecerdasannya.Penelitianinitermasukdalamquasiexperimentdenganposttestonlycontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMALaboratoriumUM.KelasXIIPS4sebagaikelaseksperimendanKelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Teknikpengumpulandatakemampuanberpikiranalitismenggunakantessedangkapnteknikpengumpulandatatingkatkecerdasanmenggunakandokumentasi.Analisisdatamenggunakananavaduajalandengansignifikansi5%denganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranGIpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaditinjaudaritingkatkecerdasannya.HaltersebutditunjukkandarinilaisignifikansikelasyangmenggunakanmodelpembelajaranGIdengantingkatkecerdasanadalah004706005dannilairata-ratanyalebihtinggidaripadakelasyangtidakmenggunakanmodelpembelajaranGIditinjaudaritingkatkecerdasannya.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdikemukakansaranyaitu1)bagigurugeografidiharapkanmenerapkanmodelpembelajaranGIuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswa2)bagipihaksekolahdisarankanmenghimbauparaguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranGIdalamusahameningkatkankemampuanberpikiranalitissiswasertameningkatkanmutusekolah.3)bagipenelitilanjutdisarankanuntukmengujipengaruhmodelpembelajaranGIdenganvariabelterikatdanvariabelmoderatoryanglain.