Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Risma Prameswari

Main Author: Prameswari, Risma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53684/
Daftar Isi:
  • RINGKASANPrameswariRisma.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationpadaMataPelajaranGeografiterhadapKemampuanBerpikirAnalitisSiswaKelasXIIPSSMALaboratoriumUMDitinjaudariTingkatKecerdasannya.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUnivesitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.H.M.Pd.M.Si.(II)Dra.YuswantiA.W.M.Si.KataKunciGroupInvestigastion(GI)kemampuanberpikiranalitistingkatkecerdasanKemampuanberpikiranalitissangatperludimilikisiswa.Kemampuanberpikiranalitissiswadapatdipengaruhiolehtingkatkecerdasannya.SelaintingkatkecerdasanterdapathallainyangperludipertimbangkandalamkemampuanberpikiranalitisyaitupemilihanmodelpembelajaranyangsesuaisepertiGroupInvestigation(GI).ModelpembelajaranGIdipilihsebabsesuaidengankurikulum2013dapatmengembangkankemampuanberpikiranalitisdansesuaiditerapkanpadapembelajarangeografi.SelainitukelebihanmodelpembelajaranGIyaitumeningkatkaninteraksisosialkeaktifandanpengalamanbelajarsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranGIpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaditinjaudaritingkatkecerdasannya.Penelitianinitermasukdalamquasiexperimentdenganposttestonlycontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPSSMALaboratoriumUM.KelasXIIPS4sebagaikelaseksperimendanKelasXIIPS3sebagaikelaskontrol.Teknikpengumpulandatakemampuanberpikiranalitismenggunakantessedangkapnteknikpengumpulandatatingkatkecerdasanmenggunakandokumentasi.Analisisdatamenggunakananavaduajalandengansignifikansi5%denganbantuanSPSS16.00forWindows.HasilpenelitianmenunjukkkanbahwaadapengaruhmodelpembelajaranGIpadamatapelajarangeografiterhadapkemampuanberpikiranalitissiswaditinjaudaritingkatkecerdasannya.HaltersebutditunjukkandarinilaisignifikansikelasyangmenggunakanmodelpembelajaranGIdengantingkatkecerdasanadalah004706005dannilairata-ratanyalebihtinggidaripadakelasyangtidakmenggunakanmodelpembelajaranGIditinjaudaritingkatkecerdasannya.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdikemukakansaranyaitu1)bagigurugeografidiharapkanmenerapkanmodelpembelajaranGIuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswa2)bagipihaksekolahdisarankanmenghimbauparaguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranGIdalamusahameningkatkankemampuanberpikiranalitissiswasertameningkatkanmutusekolah.3)bagipenelitilanjutdisarankanuntukmengujipengaruhmodelpembelajaranGIdenganvariabelterikatdanvariabelmoderatoryanglain.