Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 9 Malang / Usyrotus Saidah
Main Author: | Saidah, Usyrotus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53677/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANSaidahUsyrotus.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationpadaMataPelajaranGeografiterhadapKemampuanBerpikirAnalisisPesertaDidikKelasXIIPSSMANegeri9Malang.Skripsi.JurusanGeografi.FakultasImuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd(2)Drs.SudarnoHerlambangM.SiKataKunciGroupInvestigationKemampuanBerpikirAnalisisHasilbelajargeografipesertadidikSMAbelummenujukkankemampuanberpikiranalisis.HaltersebutdikarenakankegiatanpembelajarangeografihanyapeliputiranahkognitifC1(pengetahuan)C2(pemahaman)danC3(penerapan)sedangkanC4C5danC6kurangmendapatkanperhatian.SedangkanPesertadidikdapatdikatakanmampuberpikiranalisisapabilamampumenguasaiaspek-aspekkognitif.UpayauntukmengatasikurangnyakemampuanberpikiranalisisyaknimenggunakanmodelpembelajaranGroupinvestigation(GI).PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiApakahadapengaruhmodelPembelajaranGIterhadapkemampuanberpikiranalisispeseradidikkelasXIIPSSMANegeri9Malang.Jenispenelitianinitermasukdalamquasyexperimentdenganmenggunakanrancanganpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesain.SubjekpenelitiannyaadalahpesertadidikkelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianmenggunakansoalesaidenganjumlahlimabutirsoalyangsudahmelaluiujivaliditasdanujireliabilitas.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikdenganbantuanSPSS16.0forwindows.UjiprasyaratterdiridariujinormalitasdanujihomogenitassedangkanuntukujihipotesismenggunakanIndependentsamplet-test.HasilpenelitianmenunjukkanadapengaruhmodelPembelajaranGIterhadapkemampuanberfikiranalisispeseradidikkelasXIIPSSMANegeri9Malang.Halinidibuktikandenganrata-ratanilaigainscorekelaseksperimenlebihtinggidarikelaskontrolyaitu20untukkelaseksprimendan15untukkelaskontrol.Padahasilujihipotesisdengannilaisig.(2-tailed)yangdiperolehadalah0018ataudengankatalainnilaisig.(2-tailed)593(005).DaripenjelasandiatasdapatdisimpulkanbahwaadapengaruhmodelPembelajaranGIterhadapkemampuanberfikiranalisispeseradidikkelasXIIPSSMANegeri9Malang.Berdasarkantemuanpenelitiandiajukan3saran.Pertamakepadapesertadidikdiharapkanlebihmampuberpikiranalisisdanaktiftidakhanyapadakegiatanpembelajarangeografitetapijugapadamatapelajaranlainnya.KeduabagigurugeografidisarankanmodelGIiniditerapkansaatpembelajaransupayapembelajaranlebihbermakna.KetigabagipenelitilanjutdiharapkanlebihmampumelakukanpenelitianmodelpembelajaranGIdenganvariabelyangberbedadanmenggunakankemampuantinggilainnya.