Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Laboratorium UM / Lisa Nikita Meilana

Main Author: Meilana, Lisa Nikita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53676/
Daftar Isi:
  • RINGKASANMeilanaLisaNikita.2018.PengaruhModelPembelajaranPredictObserveExplain(POE)terhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikdiSMALABORATORIUMUMMalang.SkripsiJurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.KataKunciModelPembelajaranPredictObserveExplain(POE)KemampuanBerpikirKritis.PembelajaranPredictObserveExplain(POE)adalahmodelpembelajaranyangberstrukturdenganmengawalipermasalahandenganmemprediksikansuatufenomenayangakandihadapimengobservasipermasalahanyangtelahdiprediksidanmembuktikanhasilprediksidenganpenjelasan.DenganmenggunakanmodelpembelajaranPredictObserveExplain(POE)pesertadidikmampumengkonstruksikanprosesbelajarnyamenjaditerencanadanterstruktur.Pembelajarandiawalidenganmemprediksidandilanjutkandenganmengkritisihasilprediksidenganobservasidandiakhiridenganmenjelaskanhasilobservasiyangtelahditemukan.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranPredictObserveExplain(POE)terhadapkemampuanberpikirkritispesertadidik.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimen.Menggunakanrancanganpenelitianpretest-posttestcontrolgroupdesign.PenelitianinidilakukandikelasXIIPS1berjumlah32siswasebagaikelaskontroldanXIIPS2sebagaikelaseksperimendenganjumlahsiswayangsamadiSMALaboratoriumUMpadatahunajaran2017/2018denganpertimbangannilairata-rataUASyanghampirsama.Instrumenuntukmengukurkemampuanberpikirkritispesertadidikmenggunakantesessaisebanyak6soal.Teknikanalisisdatamenggunakangainscoredananalisisujit(t-test)denganbantuanSPSSforwindows.Hasilpenelitianmenunjukkangainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitu1762untukkelaseksperimendan994untukkelaskontrol.Hasilujithitunguntuknilaiberpikirkritislebihkecildaripada005(p005)yaitu00000.HaliniberartibahwamodelpembelajaranPredictObserveExplain(POE)berpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritispesertadidik.Hasilpenelitianpadaenamindikatorberpikirkritispadakelaseksperimenmengalamikenaikan.PeningkatantersebutdisebabkanpesertadidiktelahmampumembangunpengetahuannyasendirimelaluimodelpembelajaranPOEdengancakupanindikatordiantaranyaadalahmerumuskanmasalahmemberikanargumenmelakukandeduksimelakukaninduksievaluasidanmemutuskansertamelaksanakan.Penelitianinidisarankansebagaisuatupembelajaranbagigurudalammembangunkemampuanberpikirkritispesertadidikpadasaatkegiatanpembelajaran.