Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Mustika Laduni

Main Author: Laduni, Mustika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53674/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANLaduniMustika.2018.PengaruhModelLearningCycle5EPadaMataPelajaranGeografiTerhadapKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXISMANegeri1BatuDitinjaudariTingkatKecerdasannya.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(2)Drs.YusufSuhartoM.PdKatakunciModelLearningCycle5ETingkatKecerdasanSiswaKemampuanBerpikirTingkatTinggiEksperimenKualitaspendidikansaatiniperluadanyapeningkatan.Sepertihalnyapeningkatankemampuanberpikirsalahsatunyakemampuanberpikirtingkattinggi.Kemampuanberpikirtingkattinggimerupakansalahsatutahapanberpikiryangtidakdapatdilepaskandarikehidupansehari-haridansetiapsiswadiarahkanuntukmemilikipolakemampuanberpikirtingkattinggikarenakemampuanberpikirtingkattinggimembuatseseorangdapatberpikirkritis.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelLearningCycle5EterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXISMANegeri1BatukemudiantujuanselanjutnyayakniuntukmengetahuipengaruhmodelLearningCycle5EyangditinjaudaritingkatkecerdasanterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXISMANegeri1Batuditinjaudaritingkatkecerdasannya.Rancanganpenelitianiniadalahpostestonlycontrolgrupdesignyangterdiridarikelaseksperimendankontrol.PenentuansampelpenelitianinimenggunakanpurposivesamplingsehinggadiambilkelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianinimenggunakansoalessaisebanyak4butirsoaldenganpedomanpenskorankemampuanberpikirtingkattinggi.TeknikanalisisdatamenggunakanSPSS16.0forwindows.Pengujianhipotesisdilakukandenganuji-F(analysisofvariance).HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapengaruhmodelLearningCycle5EterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswaSMANegeri1Batu.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanberpikirtingkattinggikelaseksperimenmemilikinilairata-ratalebihtinggidarikelaskontrol.SelainitumodelLearningCycle5EditinjaudaritingkatkecerdasansiswajugaberpengaruhterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswaSMANegeri1Batu.HalinimenunjukkanbahwaH0ditolaksehinggamenerimaH1yangartinyaadapengaruhmodelLearningCycle5Eterhadapkemampuanberpikirtingkattinggiditinjaudaritingkatkecerdasannya.