Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMAN 1 Batu ditinjau dari tingkat kecerdasannya / Mustika Laduni
Main Author: | Laduni, Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53674/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANLaduniMustika.2018.PengaruhModelLearningCycle5EPadaMataPelajaranGeografiTerhadapKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXISMANegeri1BatuDitinjaudariTingkatKecerdasannya.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(2)Drs.YusufSuhartoM.PdKatakunciModelLearningCycle5ETingkatKecerdasanSiswaKemampuanBerpikirTingkatTinggiEksperimenKualitaspendidikansaatiniperluadanyapeningkatan.Sepertihalnyapeningkatankemampuanberpikirsalahsatunyakemampuanberpikirtingkattinggi.Kemampuanberpikirtingkattinggimerupakansalahsatutahapanberpikiryangtidakdapatdilepaskandarikehidupansehari-haridansetiapsiswadiarahkanuntukmemilikipolakemampuanberpikirtingkattinggikarenakemampuanberpikirtingkattinggimembuatseseorangdapatberpikirkritis.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelLearningCycle5EterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXISMANegeri1BatukemudiantujuanselanjutnyayakniuntukmengetahuipengaruhmodelLearningCycle5EyangditinjaudaritingkatkecerdasanterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswakelasXISMANegeri1Batuditinjaudaritingkatkecerdasannya.Rancanganpenelitianiniadalahpostestonlycontrolgrupdesignyangterdiridarikelaseksperimendankontrol.PenentuansampelpenelitianinimenggunakanpurposivesamplingsehinggadiambilkelasXIIPS3sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianinimenggunakansoalessaisebanyak4butirsoaldenganpedomanpenskorankemampuanberpikirtingkattinggi.TeknikanalisisdatamenggunakanSPSS16.0forwindows.Pengujianhipotesisdilakukandenganuji-F(analysisofvariance).HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapengaruhmodelLearningCycle5EterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswaSMANegeri1Batu.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanberpikirtingkattinggikelaseksperimenmemilikinilairata-ratalebihtinggidarikelaskontrol.SelainitumodelLearningCycle5EditinjaudaritingkatkecerdasansiswajugaberpengaruhterhadapkemampuanberpikirtingkattinggisiswaSMANegeri1Batu.HalinimenunjukkanbahwaH0ditolaksehinggamenerimaH1yangartinyaadapengaruhmodelLearningCycle5Eterhadapkemampuanberpikirtingkattinggiditinjaudaritingkatkecerdasannya.