Pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) menurut Robert E. Slavin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Kepanjen Kabupaten Malang / Yelin Andi Rakasiwi

Main Author: Rakasiwi, Yelin Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53645/
Daftar Isi:
  • iRINGKASANRakasiwiYelinAndi.2017.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)MenurutRobertE.SlavinterhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIIISSMAN1KepanjenKabupatenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si.KataKunciModelPembelajaranGroupInvestigationKemampuanBerpikirKritisHasilbelajargeografisiswaSMAbelummenunjukkankemampuanberpikirkritistinggi.HaltersebutdikarenakankegiatanbelajarmengajargeografibelummenunjukkanprosesyangmengajaksiswauntukberpikirdanmengeksplorasisertapembelajaranlebihbanyakmateriajardalamranahkognitifC1(pengetahuan)C2(pemahaman)danyangpalingtinggihanyapadaranahC3(penerapan)sedangkanC4(analisis)C5(sintesis)danC6(evaluasi)kurangmendapatkanperhatian.UpayamengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajarangeografiyangdapatmengembangkankemampuanberpikirkritissiswayaituGroupInvestigation(GI)menurutRobertE.Slavin.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahmodelpembelajaranGImenurutRobertE.SlavinberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIISSMAN1KepanjenKabupatenMalang.Jenispenelitianinitermasukpenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)denganmenggunakanrancangannonequivalentcontrolgroupdesign.SubjekpenelitiannyaadalahsiswakelasXIIIS3sebagaikelaseksperimendansiswakelasXIIIS4sebagaikelaskontrol.Instrumenpenelitianmenggunakansoalesaidenganjumlahlimabutirsoalyangsudahmelaluiujivaliditasdanujireliabilitas.TeknikanalisisdatadalampenelitianinimenggunakananalisisstatistikdenganbantuanprogramSPSS16.0forwindows.Ujiprasyaratterdiridariujinormalitasdanujihomogenitassedangkanuntukujihipotesismenggunakanindependentsamplet-test.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranGImenurutRobertE.SlavinberpengaruhsignifikanterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIISSMAN1KepanjenKabupatenMalang.Halinidibuktikandenganrata-ratanilaigainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitu1861untukkelaseksperimendan1430untukkelaskontrol.Padahasilujihipotesisdengannilaisig.(2-tailed)yangdiperolehadalah0.031ataudengankatalainnilaisig.(2-tailed)945(005).DaripenjelasandiatasdapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranGroupInvestigationmenurutRobertE.SlavinberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswakelasXIIISSMAN1KepanjenKabupatenMalang.BerdasarkanrumusanmasalahdanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranGImenurutRobertE.Slavinberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkritissiswa.SaranyangdapatdiajukanuntukpenelitianiniadalahbagiguruuntukmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigationdalammaterikearifanlokaldalampemanfaatansumberdayaalambidangpertanianpertambanganindustridanpariwisatakarenasangatsesuaidengankegiatanyangdilaksanakan.SaranuntukpenelitiselanjutnyadiharapkanmenggunakanvariabelyangberbedakarenamodelGItidakhanyauntukkemampuanberpikirkritis.