Penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI materi pengelolaan sumberdaya alam Indonesia SMA Brawijaya Smart School Malang / Dian Furranti Andhani
Main Author: | Andhani, Dian Furranti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53644/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANAndhaniDian.2017.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedInstruction(PBI)UntukMeningkatkanKeterampilanBerpikirKritisSiswaKelasXIMateriPengelolaanSumberDayaAlamSMABrawijayaSmartShoolMalang.SkripsiJurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Drs.YusufSuhartoM.PdKatakunciPBIKeterampilanBerpikirKritisObservasiawaldiketahuibahwasiswakelasXI-6SMABrawijayaSmartSchoolMalangsiswakurangkritisdalamberpikir.Haltersebutditunjukkandarikurangnyakemampuansiswadalamprosesperumusanmasalahhinggapenarikankesimpulansertarendahnyaantusiasmesiswadalamtanyajawabdanmenanggapifenomenayangdihadirkansaatdiskusiberlangsung.ApabilasebuahmaterimengharuskansiswakelasXI-6melakukandiskusimerekahanyamelakukandiskusiringantanpamemperhatikantujuandaridiadakannyadiskusitersebutyaituagarsiswalebihkritisdalamprosespembelajaran.Halinitentuberakibatinformasiyangdidapatkurangbegitumelekatdanmembekaspadadirisiswa.Penyampaianilmuyangbersifatkonvensionalsepertiinidapatmenyebabkansiswakurangbersemangatdalammenerimapembelajarankarenasiswahanyasebagaiobyekdandibatasikebebasannyadalamprosesbelajarmengajar.Penelitianinibertujuanmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswa.UpayauntukmencapaitujuantersebutmakapenelitianinidirancangdenganmenggunakanmodelpenelitiantindakankelasyangdilaksanakanpadabulanOktobertahun2017.SubjekpenelitianyaitusiswakelasXI-6yangberjumlah24siswainstrumenpengumpulandatamelaluitestiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanterjadiperubahanhasilbelajarsiswapratindakanyakniterdapatpeningkatansiswadalamketerampilanberpikirkritismerekamengalamikenaikanlebihdari50%.Haltersebutditunjukkandaripersentasekenaikankegiatanpra-tindakankesiklusIsebesar426%dankenaikansiklusIkesiklusIIsebsar1292%.TemuanpenelitianmenunjukkanbahwaketerampilanberpikirkritissiswakelasXI-6SMABrawijayaSmartSchoolMalangmengalamipeningkatandaripratindakansiklusIdansiklusII.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapanpembelajaranProblemBasedInstruction(PBI)dapatmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswapadamateriPengelolaanSumberDayaAlamsiswakelasXI6DiSMABrawijayaSmartSchoolMalang.Berdasarkanhasiltersebutdisarankan(1)BagigurugeografiagarmenggunakanmodelPBIuntukmeningkatkanketerampilanberpikirkritissiswa.(2)BagiSMABrawijayaSmartSchoolMalangagarmenyediakansaranadanprasaranayanglengkapuntukmendukungefektifitaspenerapanmodelpembelajaranPBI(3)BagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmelakukanpenelitiansejenisdalamrangkamemperbaikikualitaspembelajarandenganmodelPBIdenganpokokbahasanyangberbeda.