Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumberdaya alam kelas XI IPS 2 SMAN 1 Turen malang / Siswanto

Main Author: Siswanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53627/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSiswanto2017.PenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbinguntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKreatifSiswaKelasXIIPS2SMAN1TurenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)PurwantoS.PdM.Si.(II)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.KataKunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKemampuanBerpikirKreatifBerdasarkanobservasiawalpadatanggal3Oktober2016diSMANITurenkelasXIIPS2diketahuipermasalahanyangmengindikasikanbelumtumbuhnyakemampuanberpikirkreatifsiswa.Pembelajarandikelaslebihterpusatpadagurusiswahanyamendengarkanpenjelasangurusehinggaberdampakpadarendahnyakemampuanberpikirkreatifsiswa.Siswakesulitanmenjawabpertanyaansecaralangsungmengenaisolusiyangtepatuntukmengatasipermasalahpertambanganhaliniterjadikarenasiswaterbiasamenjawabberdasarkanmembacadaribuku.Nilaiulanganhariansiswarata-ratadibawahKKMhanya7siswayangnilainyadiatasKKMsedangkannilaiyangdibawahKKMsebanyak26siswa.SiswamelakukanplagiasidalammenyelesaikantugasdarigurusiswamemanfaatkankameraHPuntukmengambilgambarjawabantemanyakemudianmenyalindikertas.Haliniberdampakpadaminimnyapertumbuhankreatifitassiswa.Salahsatucarauntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaraninkuiriterbimbing.Modelinkuiriterbimbingmerupakanmodelpembelajaranyangberbasispenemuankegiatanpembelajarandilakukanolehsiswasehinggaakanmendorongperkembangankemampuanberpikirkreatifsiswa.TujuanpadapenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswamelaluipenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadasiswakelasXIIPS2SMAN1Turen.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(ClassroomActionResearch).PenelitiandilakukanpadabulanMaret2017.Kegiatanpenelitianterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridari2kalipertemuan.PenelitiandilaksanakandikelasXIIPSIISMANITurendengansubjeksiswakelasXIIPS2yangberjumlah33siswa.Analisisdatauntukmengetahuipeningkatankemampuanberpikirkreatifsiswamenggunakanmetodekomparasiyaitumembandingkanrata-ratakemampuanberpikirkreatifawaldengankemampuanberpikirkreatifsetiapakhirsiklusnya.Pengumpulandatamenggunakansoaltesyangdiberikansetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifsiswamengalamipeningkatansetiapsiklusnya.Padaprasiklusrata-ratahasilbelajarpesertadidiksebesar6148denganketuntasanklasikalsebesar5806.PadasiklusIrata-ratakemampuanberpikirkreatifsiswasebesar7758.SiklusIIrata-ratamemampuanberpikirkreatifsiswameningkatmenjadi886.SecarakeseluruhankemampuanberpikirkreatifsiswakelasXIIPS2SMAN1Turenmeningkatsebesar4238.DapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkreatifsiswakelasXIIPSIISMAN1TurenMalang.