Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS MA Al-Hidayah Wajak Malang / Muhamad Syamsul Huda
Main Author: | Huda, Muhamad Syamsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53626/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHudaSyamsul.2012.PenerapanMetodePembelajaranProblemSolvingUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisPesertadidikKelasXIIPSMAAL-HidayahWajak.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd(II)BagusSetiabudiWiwohoS.SiM.Si.KatakunciBerpikirKritisPembelajaranProblemSolvingProsespembelajarangeografidiMAAL-HidayahWajakcenderungmasihrendahhalinididapatdarinilaiafektifdarigurumatapelajarangeografidenganrata-rata4652prosespembelajaranmasihdianggapkurangdanbelummaksimal.Halinididapatdariinformasiguruyangmengajarpesertadidikcenderungpasifdalamprosespembelajaran.Prosespembelajarandenganmenerapkanmetodeproblemsolvingbisadilakukanuntukmemperbaikiprosespembelajarandandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.Metodepembelajaranyangmembimbingpesertadidikdalammenyelesaikanpermasalahdengantahaptahapsesuaidengansintakproblemsolving.Denganadanyametodeproblemsolvingpesertadidikdituntutuntukmemahamisetiapmasalahyangakandiselesaikan.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXIIPSMAAL-HidayahWajakKabupatenMalang.PenelitianinitermasuktermasukjenispenelitiantindakankelassubjekpenelitiankelasXIIPSsebagaikelasyangdigunakanuntukpenelitian.Instrumenuntukmengetahuikemampuanberpikirkritispesertadidikmenggunakansoalpretestdanposttest.Teknikanalisisyangdigunakanadalahanalisisdeskriptifmelaluipenilaianberpikirkritis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatpeningkatansetelahpelaksanaantindakandilakukan.Haltersebutdibuktikandenganmeningkatnyarata-rataskorkemampuanberpikirkritispadasiklus1kemampuanberpikirkritispesertadidiksebagianbesardalamkategoricukupkritisyaitusebesar576%(15pesertadidik)danjumlahpesertadidikkritis192%(5pesertadidik)setelahdilakukanperbaikanolehgurupadatahaptahapmengajukanpertanyaanyangberkaitandenganmateridanmembinasuasanayangresponsifpadasaatdiskusiberlangsung.Padasiklus2jumlahpesertadidikkritissebesar576%(15pesertadidik)danjumlahpesertadidikcukupkritis3461%(9pesertadidik).DenganinisetelahdisimpulkanadanyapeningkatankemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXIIPSMAAL-HidayahWajak.