Penerapan model pembelajaran time token arends pada mata pelajaran geografi untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas X-6 SMA Negeri 1 Tulungagung / Eka Novi Indriani
Main Author: | Indriani, Eka Novi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53624/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIndrianiEkaNovi.2017.PenerapanModelPembelajaranTimeTokenArendsPadaMataPelajaranGeografiUntukMeningkatkanKeaktifanSiswaKelasX-6SMANegeri1Tulungagung.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(2)SyamsulBachriS.SiM.Sc.Ph.D.KataKunciModelTimeTokenArendsKeaktifanBelajarSiswaBerdasarkanobservasipadatanggal13-14Januari2016diSMAN1Tulungagunggurubelummenggunakanmodelpembelajaranyangtepatuntukmatapelajarangeografisehinggakelastidakkondusifdanhanyadidominasiolehsiswaaktif.Penelitimenyimpulkanbahwakeaktifanbelajarsiswadikelasinitergolongrendah.PenelitimemberikansolusidenganmenggunakanmodelTimeTokenArends.ModelpembelajaranTimeTokenArendsmerupakansalahsatusaranauntukmenyalurkanbakatberbicarasiswaaktifagarmempunyaibatasanpositifdanmenumbuhkanrasatoleransipadasiswalain.JadiRumusanmasalahdaripenelitianiniadalahApakahpenerapanmodelpembelajaranTimeTokenArendsdapatmeningkatkankeaktifansiswapadamatapelajarangeografikelasX-6SMANegeri1Tulungagung.Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiantindakankelasdenganrincianprosedurpenelitianyaituperencanaanpelaksanaanpengamatandanrefleksi.PenelitianiniterdiriatasduasiklussiklusIdenganduapertemuandenganmaterikonsephidrologidanperairandaratdansiklusIIdenganduapertemuandenganmateriperairanlaut.BerdasarkanpenelitianyangtelahdilakukandapatdiketahuipersentasedaripeningkatankeaktifanbelajarsiswapadapratindakansiklusIdansiklusIIantaralainpersentasekeaktifanbelajarsiswapadapratindakanhanya424%kemudianmeningkat6182%menjadi6606%padasiklusIkemudianmengalamipeningkatan2364%menjadi8970%padasiklusII.Peningkataninidilihatdaripenilaiankomponen-kompenenkeaktifansiswayaitubertanyamenjawabberpendapatmenyanggahmencatat.Darikelimakomponentersebutdapatdiketahuipeningkatankeaktifanbelajarpadasetiapsiklus.MelaluiduasiklusyagtelahdilakukandapatdiketahuibahwamodelTimeTokenArendsdapatmeningkatkankeaktifanbelajarsiswa.Haliniterlihatdaripeningkatanpersentasekeaktifanbelajarsiswa.SaranyangdiberikanolehpenelitiadalahdalammelaksanakanmodelpembelajaranTimeTokenArendsguruharusselaludapatmengontrolwaktudankondisikelasagarpembelajarandapatberjalandenganbaik.UntukpenelitiselanjutnyadapatmenerapkanmodelTimeTokenArendsiniuntukmengukuraspek-aspekyanglainmisalnyahasilbelajarmotivasiatauprestasibelajarsiswa.