Pengaruh pemanfaatan stasiun BMKG Sawahan sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan kemampuan menganalisis sswa pada mata pelajaran geografi kelas X MA Darunnajah di Kabupaten Nganjuk / Nafi'atul Fauziyah

Main Author: Fauziyah, Nafi'atul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53621/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFauziyahNafiatul.2017.PengaruhPemanfaatanStasiunBMKGSawahanSebagaiSumberBelajarTerhadapMotivasiDanKemampuanMenganalisisPadaMataPelajaranGeografiKelasXMADarunnajahKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiW.M.Si(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciStasiunBMKGMotivasiMenganalisis.Prosespembelajarandalamsetiapbidangstudidiperlukanberbagaisumberbelajar.Peranangurudalammemilihsumberbelajarsangatberpengaruhterhadapprosespembelajaranyangdilakukandikelas(indoor)maupunyangdilakukandiluarkelas(outdoor).Penggunaansumberbelajaryangtepatdapatmenunjangprosespembelajaran.Padamatapelajarangeografiyangobjekkajiannyameliputiinteraksiantaramanusiadenganlingkungannyatentusangatberagamsumberbelajaryangdapatdigunakansepertilingkungansekitarlembaga-lembagayangberkenaandengangeografisalahsatunyaadalahBMKG.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhpemanfaatanStasiunBMKGsebagaisumberbelajaruntukmeningkatkanmotivasidankemampuanmenganalisissiswakelasXpadamatapelajarangeografi.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasyexperiment).PenelitianinidilaksanakandiMADarunnajahSawahanKabupatenNganjuk.TeknikanalisisyangdigunakanadalahUjitdenganbantuanSPSS19.0forwindows.Instrumenpenilaianmenggunakansoalyangsebelumnyatelahdiujivaliditasdanreliabilitaskemudiandiberikansetelahperlakuanpenelitian.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentsamplet-test.Berdasarkanhasilanalisist-testdidapatkanbahwanilaisignifikansiadalah0034005makaH0ditolak.DisimpulkanbahwaadapengaruhpemanfaatanStasiunBMKGsebagaisumberbelajarterhadapmotivasidankemampuanmenganalisissiswaMADarunnajahSawahanKabupatenNganjuk.Saranyangdiberikankepada1)gurudiharapkanmampumenerapkanPengaruhpemanfaatanStasiunBMKGSawahansebagaisumberbelajarsalahsatualternatifyangdapatdigunakanolehgurudalamprosespembelajaranterhadapmeningkatnyamotivasibelajar.2)sekolahagarmenganjurkangurumenerapakanpemanfaatanStasiunBMKGsawahansebagaisumberbelajar.3)penelitiselanjutnyasebaiknyamenerapkanpemanfaatanstasiunBMKGdimaterilainyaituhidrosfer.