Pengaruh pemanfaatan stasiun BMKG Sawahan sebagai sumber belajar terhadap motivasi dan kemampuan menganalisis sswa pada mata pelajaran geografi kelas X MA Darunnajah di Kabupaten Nganjuk / Nafi'atul Fauziyah
Main Author: | Fauziyah, Nafi'atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53621/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFauziyahNafiatul.2017.PengaruhPemanfaatanStasiunBMKGSawahanSebagaiSumberBelajarTerhadapMotivasiDanKemampuanMenganalisisPadaMataPelajaranGeografiKelasXMADarunnajahKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiW.M.Si(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciStasiunBMKGMotivasiMenganalisis.Prosespembelajarandalamsetiapbidangstudidiperlukanberbagaisumberbelajar.Peranangurudalammemilihsumberbelajarsangatberpengaruhterhadapprosespembelajaranyangdilakukandikelas(indoor)maupunyangdilakukandiluarkelas(outdoor).Penggunaansumberbelajaryangtepatdapatmenunjangprosespembelajaran.Padamatapelajarangeografiyangobjekkajiannyameliputiinteraksiantaramanusiadenganlingkungannyatentusangatberagamsumberbelajaryangdapatdigunakansepertilingkungansekitarlembaga-lembagayangberkenaandengangeografisalahsatunyaadalahBMKG.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpengaruhpemanfaatanStasiunBMKGsebagaisumberbelajaruntukmeningkatkanmotivasidankemampuanmenganalisissiswakelasXpadamatapelajarangeografi.Jenispenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(quasyexperiment).PenelitianinidilaksanakandiMADarunnajahSawahanKabupatenNganjuk.TeknikanalisisyangdigunakanadalahUjitdenganbantuanSPSS19.0forwindows.Instrumenpenilaianmenggunakansoalyangsebelumnyatelahdiujivaliditasdanreliabilitaskemudiandiberikansetelahperlakuanpenelitian.AnalisisyangdigunakanadalahIndependentsamplet-test.Berdasarkanhasilanalisist-testdidapatkanbahwanilaisignifikansiadalah0034005makaH0ditolak.DisimpulkanbahwaadapengaruhpemanfaatanStasiunBMKGsebagaisumberbelajarterhadapmotivasidankemampuanmenganalisissiswaMADarunnajahSawahanKabupatenNganjuk.Saranyangdiberikankepada1)gurudiharapkanmampumenerapkanPengaruhpemanfaatanStasiunBMKGSawahansebagaisumberbelajarsalahsatualternatifyangdapatdigunakanolehgurudalamprosespembelajaranterhadapmeningkatnyamotivasibelajar.2)sekolahagarmenganjurkangurumenerapakanpemanfaatanStasiunBMKGsawahansebagaisumberbelajar.3)penelitiselanjutnyasebaiknyamenerapkanpemanfaatanstasiunBMKGdimaterilainyaituhidrosfer.