Komparasi model pembelajaran group investigation dan problem based learning terhadap keterampilan berpikir spasial (spatial thinking skill) materi geografi kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yusuf Yudistira
Main Author: | Yudistira, Yusuf |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53617/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKYudistiraYusuf.2017.KomparasiModelPembelajaranGroupInvestigationdanProblemBasedLearningTerhadapKeterampilanBerpikirSpasialMateriGeografiKelasXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.BudiHandoyoM.Si.(2)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KataKuncigroupinvestigationproblembasedlearningketerampilanberpikirspasialGroupInvestigationdanProblemBasedLearningmerupakansuatumodelpembelajaranyangtepatuntukmeningkatkanketerampilanberpikirspasialsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)danProblemBasedLearning(PBL)terhadapketerampilanberpikirspasialsiswakelasXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.PenelitianinijugadilakukanuntukmengetahuimanayanglebihtingginilaiketerampilanberpikirspasialsiswakelasXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.Rancanganpenelitianinimenggunakandesaineksperimensemuyaitupre-testdanpost-testcontrolgroupdesigndenganduakelaseksperimen.Kelaseksperimen1(XI-IPS1)mendapatperlakukanmodelGroupInvestigation(GI)dankelaseksperimen2(XI-IPS2)mendapatperlakukanmodelpembelajaranProblemBasedLearning(PBL).Instrumenpenelitianberupasoalessaitesketerampilanberpikirspasialyangdiberikansetelahadanyaperlakuan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakelaseskperimen1memilikirata-ratagainscoreketerampilanberpikirspasialsebesar3458dankelaseksperimen2sebesar2594.Hasilanalisissignifikansidenganmenggunakanujitmenunjukkannilaisebesar0015.Olehkarenanilaisignifikansi0015005makaH0ditolak.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanketerampilanberpikirspasialmenggunakanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)danProblemBasedLearning.NilaiketerampilanberpikirspasialmenggunakanmodelGroupInvestigation(GI)lebihtinggidibandingkanProblemBasedLearning(PBL)terhadapketerampilanberpikirspasialkelasXIIPSSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.