Penerapan pembelajaran konstektual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 4 Tuban / Talita Oktavianti
Main Author: | Okvianti, Talita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53597/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKOkviantiTalita.2017.PenerapanPembelajaranKontekstualdenganModelProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisMataPelajaranGeografiKelasXISMANegeri4Tuban.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)RudiHartonoM.SiKataKunciPembelajaranKontekstualProblemBasedLearningBerpikirKritisHasilobservasiyangdilakukantanggal20Februari2017dikelasXIIIS2SMAN4TubandiketahuibahwakegiatanpembelajarangeografimasihdidominasiolehguruPembelajarandiisidenganpenjelasanmateridanmengerjakansoaldiLKSsehinggasiswakurangdalammenganalisismasalah-masalahyangberkaitandenganmateri.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.SalahsatunyadenganpenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelproblembasedlearninguntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispadaMateriPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutan.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasXIIIS2denganjumlahsiswa30orangpadaMateriPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanberpikirkritissiswakelasXI-IIS2semester2SMAN4Tuban.Ditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekemampuanberpikirkritissebesar656%(baik)padasiklusImeningkatmenjadi77%(baik)padasiklusII.Rata-ratakemampuanberpikirkritissiswameningkatsebesar178%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagigurugeografiagarmenggunakanpembelajarankontekstualmodelproblembasedlearningsebagaiinovasidalampembelajarandikelas.