Penerapan pembelajaran konstektual dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 4 Tuban / Talita Oktavianti

Main Author: Okvianti, Talita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53597/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKOkviantiTalita.2017.PenerapanPembelajaranKontekstualdenganModelProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisMataPelajaranGeografiKelasXISMANegeri4Tuban.SkripsiProgramStudiS1PendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si(2)RudiHartonoM.SiKataKunciPembelajaranKontekstualProblemBasedLearningBerpikirKritisHasilobservasiyangdilakukantanggal20Februari2017dikelasXIIIS2SMAN4TubandiketahuibahwakegiatanpembelajarangeografimasihdidominasiolehguruPembelajarandiisidenganpenjelasanmateridanmengerjakansoaldiLKSsehinggasiswakurangdalammenganalisismasalah-masalahyangberkaitandenganmateri.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitiantentangpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.SalahsatunyadenganpenerapanpembelajarankontekstualdenganmodelproblembasedlearninguntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispadaMateriPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutan.JenispenelitianyangdigunakanadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelitiantindakankelasinipenelititerlibatlangsungdalamprosespenelitianmulaidariperencanaanpelaksanaanhinggapelaporandata.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Pengambilandatadilaksanakandenganobservasidantestulis.PenelitiandilaksanakandikelasXIIIS2denganjumlahsiswa30orangpadaMateriPelestarianLingkunganHidupdanPembangunanBerkelanjutan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanberpikirkritissiswakelasXI-IIS2semester2SMAN4Tuban.Ditunjukkandenganpeningkatanrata-ratapersentasekemampuanberpikirkritissebesar656%(baik)padasiklusImeningkatmenjadi77%(baik)padasiklusII.Rata-ratakemampuanberpikirkritissiswameningkatsebesar178%.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdisarankanbagigurugeografiagarmenggunakanpembelajarankontekstualmodelproblembasedlearningsebagaiinovasidalampembelajarandikelas.