Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran geografi peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Anisa Kusumaningrum
Main Author: | Kusumaningrum, Anisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53592/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusumaningrumAnisa.2017.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)untukMeningkatkanPemahamanKonsepPadaMataPelajaranGeografiPesertaDidikKelasXIIPS2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd(II)PurwantoS.PdM.SiKataKunciModelTwoStayTwoStray(TSTS)PemahamanKonsepBerdasarkanhasilobservasidanwawancarayangdilakukanolehpenelitipadatanggal16Februari2017dikelasXIIPS2SMALaboratoriumUniversitasNegeriMalangdiketahuikemampuanmemahamikonsepmasihtergolongrendah.Sebanyak66%pesertadidikmemperolehnilaiUlanganTengahSemesterGanjildibawahKriteriaKetuntasanMinimalyaitu75.Haltersebutmenunjukkanbahwahanya34%sajapesertadidikyangtuntasataudikatakanpahamterhadapmateriyangdiujikangurupadasaatulangan.ModelpembelajaranyangdisarankanuntukmengatasirendahnyakemampuanmemahamikonsepsalahsatunyadenganmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)karenamodelinimemberikankesempatanterhadappesertadidikuntukmenentukankonsepsendiridengancaramemecahkanmasalahdandapatditerapkanpadasemuakelasatautingkatan.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanpemahamankonseppesertadidikpadakompetensidasarmenganalisisbentuk-bentukkearifandalampemanfaatansumberdayaalambidangpertaniandanpertambangan.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelasdengansubjekpenelitianpesertadidikkelasXIIPS2yangberjumlah33orang.Instrumenyangdigunakanyaitulembarobservasisoaltespemahamancatatanlapanganlembarketerlaksanaanmodeldandokumentasi.Untukmengukurpemahamankonseppesertadidikmenggunakantesberupasoaluraianyangterdiridarilimabutirsoal.Analisisdatauntukmengetahuipeningkatanpemahamankonsepdilakukandenganmenggunakanmetodekomparasiyaitumembandingkannilairata-ratapemahamankonsepawaldengannilaipemahamankonsepsetiapakhirsiklus.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatannilaitespemahamankonseppadasiklusIdansiklusII.HasiltesdiperolehdarikenaikanpratindakandengansiklusIyaitu908%.SedangkanantarasiklusIdengansiklusIIyaitu1239%.Rata-ratanilaiteskemampuanmemahamikonseppadasiklusIyaitu7527menjadi8460padasiklusII.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu(1)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmemfokuskanpenggunakanmodelpembelajaranTSTSdalampeningkatanpemahamankonsepuntukmengungkapkanideataupendapat(2)bagipenelitiselanjutnyadisarankanagarmemadukanTwoStayTwoStray(TSTS)denganmodelpembelajaranlainsupayapesertadidiklebihbersemangatdalammengikutikegiatanpembelajarandanberdampaklebihbaikpadakemampuanpemahamankonseppesertadidik.