Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Nindya Rianita

Main Author: Rianita, Nindya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53586/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRianitaNindya.2017.PerbandinganModelPembelajaranInkuiriTerbimbingDanInkuiriBebasTerhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXSMAN1KepanjenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Dr.SinggihSusiloM.SM.SiKataKunciInkuiriTerbimbingInkuiriBebasBerpikirKritis.ModelpembelajaranInkuiriadalahmodelpembelajaranyangsesuaidenganimplementasiKurikulum2013.SetiaplangkahpembelajaranInkuirimengasahkemampuanberpikirkritissiswa.InkuiriterbimbingdanInkuiribebasmerupakanjenispembelajaranInkuiri.Keduajenisinkuiritersebutdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaakantetapibelumdapatdiketahuipenerapanjenisinkuiriyanglebihbaikuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganinkuiribebasdikelasXSMANegeri1Kepanjen.RancanganpenilitianiniadalahPosttestOnlyyangtermasukdalampenelitianeksperimensemu.Datadalampenelitianiniadalahkemampuanberpikirkritis.Pengumpulandatadilakukandenganteskemampuanberpikirkritissiswasetelahdiberiperlakuan.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswayangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaraninkuiribebas.Hasiluji-tterhadapkemampuanberpikirkritissiswamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhkemampuanberpikirkritissiswakelasXyangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihungguldaripadasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaraninkuiribebas.Keunggulaninkuiriterbimbingdisebabkanadanyaperanguruyangselalumembimbingdanmengarahkansiswadalammelakukanpenelitian.SiswayangmasihberadadikelasXsemeseter2masihmembutuhkanperandanbimbinganguru.Inkuiriterbimbingterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.GurudisarankanuntukmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadakelasXdalamprosespembelajarankhususnyaditerapkanpadakompetensidasaryangmenuntutkemampuanberpikirkritis.