Perbandingan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Kepanjen / Nindya Rianita
Main Author: | Rianita, Nindya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53586/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRianitaNindya.2017.PerbandinganModelPembelajaranInkuiriTerbimbingDanInkuiriBebasTerhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXSMAN1KepanjenMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.BudiHandoyoM.Si(II)Dr.SinggihSusiloM.SM.SiKataKunciInkuiriTerbimbingInkuiriBebasBerpikirKritis.ModelpembelajaranInkuiriadalahmodelpembelajaranyangsesuaidenganimplementasiKurikulum2013.SetiaplangkahpembelajaranInkuirimengasahkemampuanberpikirkritissiswa.InkuiriterbimbingdanInkuiribebasmerupakanjenispembelajaranInkuiri.Keduajenisinkuiritersebutdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaakantetapibelumdapatdiketahuipenerapanjenisinkuiriyanglebihbaikuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.TujuanpenelitianadalahuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritisantarasiswayangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdenganinkuiribebasdikelasXSMANegeri1Kepanjen.RancanganpenilitianiniadalahPosttestOnlyyangtermasukdalampenelitianeksperimensemu.Datadalampenelitianiniadalahkemampuanberpikirkritis.Pengumpulandatadilakukandenganteskemampuanberpikirkritissiswasetelahdiberiperlakuan.AnalisisdatadilakukandenganmenggunakanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswayangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihbaikdaripadasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaraninkuiribebas.Hasiluji-tterhadapkemampuanberpikirkritissiswamenunjukkanbahwaterdapatpengaruhkemampuanberpikirkritissiswakelasXyangdiajardenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbinglebihungguldaripadasiswayangdiajarmenggunakanmodelpembelajaraninkuiribebas.Keunggulaninkuiriterbimbingdisebabkanadanyaperanguruyangselalumembimbingdanmengarahkansiswadalammelakukanpenelitian.SiswayangmasihberadadikelasXsemeseter2masihmembutuhkanperandanbimbinganguru.Inkuiriterbimbingterbuktidapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.GurudisarankanuntukmenggunakanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadakelasXdalamprosespembelajarankhususnyaditerapkanpadakompetensidasaryangmenuntutkemampuanberpikirkritis.