Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 1 Singosari / Eva Purnamasari
Main Author: | Purnamasari, Eva |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53573/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPurnamasariEva.2017.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapKemampuanBerpikirAnalitisPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSSMANegeri1Singosari.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KatakuncimodelpembelajaraninkuiriterbimbingkemampuanberpikiranalitisModelpembelajaranInkuiriTerbimbingmerupakankegiatanpembelajaranyangmelibatkanpesertadidikuntukaktifdanpesertadidikdimintauntukberpikirdalammemecahkansuatumasalahsehinggadapatmengembangkankemampuanberpikiranalitispesertadidik.PelaksanaanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingdimulaidaripesertadidikmembuatrumusanmasalahdilanjutkandenganmembuathipotesispesertadidikmengujijawabandengancaramengumpulkandataterlebihdahulukemudianmenganalisispermasalahansetelahdataterkumpuldandisesuaikandenganhipotesiskemudianpesertadidikmembuatkesimpulan.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemudantermasukpenelitiankuantitatifdenganPretest-PostestControlGroupDesign.PenelitianinimenggunakankelasXIIPSBsebagaikelaskontroldenganjumlah40pesertadidikdankelasXIIPSDsebagaikelaseksperimendenganjumlah36pesertadiidk.Instrumenpengukurankemampuanberpikiranalitismenggunakansoalesaisebanyak6soal.AnalisisdatayangdigunakanadalahujiIndependentSamplet-Test.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranInkuiriTerbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidik.Haltersebutdapatdilihatdariperbedaanrata-ratakemampuanberpikiranalitispesertadidikdimanarata-ratanilaigainscorekelaseksperimensebesar3004sedangkanrata-ratagainscorekelaskontrolsebesar1846.BerdasarkanhasilanalisisujinormalitasP-valueuntukkelaskontroladalah0520005sedangkanP-valueuntukkelaseksperimenadalah0184005.HasilanalisisujihomogenitasP-valueadalah0758005.Hasilujihipotesismenunjukkanbahwanilaip-valuesebesar0000yangberarti005.KesimpulanyangdapatdiambildaripenelitianiniadalahmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikpadamatapelajaranGeografikelasXIIPSSMANegeri1Singosari.SaranyangbisadiberikanolehpenelitiadalahgurubisamenerapkanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingagarmelatihpesertadidikuntukmengembangkankemampuanberpikiryangdimilikinya.