Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS SMAN 1 Singosari / Eva Purnamasari

Main Author: Purnamasari, Eva
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53573/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPurnamasariEva.2017.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapKemampuanBerpikirAnalitisPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSSMANegeri1Singosari.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KatakuncimodelpembelajaraninkuiriterbimbingkemampuanberpikiranalitisModelpembelajaranInkuiriTerbimbingmerupakankegiatanpembelajaranyangmelibatkanpesertadidikuntukaktifdanpesertadidikdimintauntukberpikirdalammemecahkansuatumasalahsehinggadapatmengembangkankemampuanberpikiranalitispesertadidik.PelaksanaanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingdimulaidaripesertadidikmembuatrumusanmasalahdilanjutkandenganmembuathipotesispesertadidikmengujijawabandengancaramengumpulkandataterlebihdahulukemudianmenganalisispermasalahansetelahdataterkumpuldandisesuaikandenganhipotesiskemudianpesertadidikmembuatkesimpulan.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemudantermasukpenelitiankuantitatifdenganPretest-PostestControlGroupDesign.PenelitianinimenggunakankelasXIIPSBsebagaikelaskontroldenganjumlah40pesertadidikdankelasXIIPSDsebagaikelaseksperimendenganjumlah36pesertadiidk.Instrumenpengukurankemampuanberpikiranalitismenggunakansoalesaisebanyak6soal.AnalisisdatayangdigunakanadalahujiIndependentSamplet-Test.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranInkuiriTerbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidik.Haltersebutdapatdilihatdariperbedaanrata-ratakemampuanberpikiranalitispesertadidikdimanarata-ratanilaigainscorekelaseksperimensebesar3004sedangkanrata-ratagainscorekelaskontrolsebesar1846.BerdasarkanhasilanalisisujinormalitasP-valueuntukkelaskontroladalah0520005sedangkanP-valueuntukkelaseksperimenadalah0184005.HasilanalisisujihomogenitasP-valueadalah0758005.Hasilujihipotesismenunjukkanbahwanilaip-valuesebesar0000yangberarti005.KesimpulanyangdapatdiambildaripenelitianiniadalahmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingberpengaruhterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikpadamatapelajaranGeografikelasXIIPSSMANegeri1Singosari.SaranyangbisadiberikanolehpenelitiadalahgurubisamenerapkanmodelpembelajaranInkuiriTerbimbingagarmelatihpesertadidikuntukmengembangkankemampuanberpikiryangdimilikinya.