Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X-D SMA Negeri 9 Malang / A. Marzuqi Nursamsuri
Main Author: | Nursamsuri, A. Marzuqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53565/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNursamsuriA.Marzuqi.2017.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearningUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirTingkatTinggipadaMataPelajaranGeografiPesertaDidikKelasX-DSMANegeri9Malang.Skripsi.JurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciProblemBasedLearningKemampuanBerpikirTingkatTinggiMataPelajaranGeografi.KemampuanberpikirtingkattinggipesertadidikkelasX-DSMANegeri9Malangcenderungrendah.Rendahnyakemampuanberpikirpesertadidikdiketahuidarihasilwawancaradengangurumatapelajarangeografiyangmengatakanbahwapesertadidikmengalamikesulitanuntukmenjawabsoal-soalpadatingkatanranahkognitifC4sampaiC6.Pengamatanyangdilakukandikelassaatpembelajaranberlangsungmenunjukkankurangnyaaktifitaspesertadidikuntukmengembangkankemampuanberpikirnya.Pembelajaranyangdilakukannampakterpusatpadagurusehinggapesertadidikcenderungpasifdalamprosespembelajaran.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridaritahapperencanaanpelaksanaanobservasirefleksi.SubjekpenelitianyaitukelasX-DSMANegeri9Malangdenganjumlahpesertadidik34orang.Datadalampenelitianiniadalahdatakemampuanberpikirtingkattinggipesertadidikyangdiperolehmelaluiinstrumenpenelitianberupasoaltesdisetiapakhirsiklus.DiketahuidarihasilpenelitianbahwaterdapatpeningkatankemampuanberpikirtingkattinggipesertadidikpadakelasX-D.Daridatapra-tindakannilairata-ratapesertadidikyaitu5854.SetelahtindakansiklusInilairata-ratakemampuanberpikirtingkattinggipesertadidikmenjadi6231yangberartiterdapatpeningkatansebesar644%daridatapra-tindakan.SebelumdilaksanakantindakansiklusIIterlebihdahuludilakukanrefleksiuntukmengetahuikelemahandankekurangansiklusIyangselanjutnyaditerapkanlangkah-langkahperbaikanpadapelaksanaansiklusII.HasilsiklusIImenunjukkanadanyapeningkatankemampuanberpikirtingkattinggipesertadidiksecarasignifikandengannilairata-ratamencapai9329yangberartiterdapatpeningkatansebesar4972%daridatasiklusI.DarihasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggipesertadidikkelasX-DSMANegeri9Malang.ModelpembelajaranProblemBasedLearningdinilaisangatefektifuntukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggipesertadidik.Daripenelitianiniterdapatsaranuntukpenelitiselanjutnya.Saran-sarantersebutantaralainadalahpenataantempatdudukkelompoktidakbisadiubaholehpesertadidiksetiapindividuharusmemilikicatatanhasildiskusisebelumpresentasisemualembarjawabanLKPDdikumpulkanagarsemuapesertadidikfokusmengikutipresentasidanguruharusmemberikanmotivasiuntukpesertadiripercayadirimengemukakanpendapat.