Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Kepanjen / Rafika Cahyaningtyas
Main Author: | Cahyaningtyas, Rafika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53559/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKCahyaningtyasRafika.2017.PenerapanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDevision(STAD)UntukMeningkatkanMinatBelajarPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografiKelasXIIIS2SMANegeri1Kepanjen.Skripsi.JurusanPendidikanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.(II)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKunciModelpembelajaranSTADminatbelajar.Berdasarkanobservasidanhasilwawancarayangdilakukanpadatanggal17September2016dikelasXIIIS2SMANegeri1Kepanjenterdapatpermasalahangeografiyaituminatbelajaryangrendah.Haliniditandaidenganperilakupesertadidiksaatpembelajaranberlangsung.Kegiatanpembelajaranmasihdidominasiolehgurupesertadidikhanyadudukmendengarmencatatdankurangaktifdalamdiskusimenunjukkanminatbelajaryangrendah.Kurangnyasemangatdanketerlibatanpesertadidikdalamkegiatanpembelajaranmerupakanpenyebabdariminatyangrendah.BerdasarkanmasalahdiatassolusiyangdapatdilakukanyaitumenggunakanmodelpembelajaranSTADkarenamodelinimenekankanpadapembelajarankelompokdanbekerjasamaantartim.ModelSTADinisangatmembantudalammeningkatkanminatkarenadalamtahapanpembelajarannyaterdapatkuisdanrekognisitimataupenghargaan.Tahapantersebutberupayamembuatpesertadidikuntukbelajarlebihgiatagarmendapatkannilaiterbaik.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK)yangbertujuanuntukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikdenganpenerapanmodelpembelajaranSTAD.SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIIIS2SMANegeri1KepanjenKabupatenMalang.Kegiatanpembelajaranterdiridari2siklussetiapsiklusterdirikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.PengumpulandataminatbelajardilakukandenganpemberianangketpadasiklusIdansiklusII.InstrumenyangdigunakanantaralainpedomanwawancaragurudanpesertadidikLembarkegiatanpesertadidiklembarobservasiketerlaksanaanmodelpmbelajaranSTADlembarcatatanlapangandanangketminatbelajarpesertadidik.Teknikanalisisdatamenggunakananalisiskuantitatif.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanminatbelajarpadasiklusIdansiklusII.Rata-rataminatbelajarpesertadidikpadasiklusIdansiklusIIsebesar6404%dan7323%.PeningkatanminatbelajardenganpenerapanmodelpembelajaranSTADpadasiklusIdansiklusIIsebesar919%.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranSTADdapatmeningkatkanminatbelajarpesertadidik.SaranyangdiajukanpadakegiatanrefleksisilklusIyaitupenguasaankelasolehguruagarkegiatanpembelajaranmenggunakanmodelpembelajaranSTADlebihtepatsedangkanpadasiklusIIsebaiknyatetapmemberikanmotivasiagartetapmempunyaiminatbelajar.SaranbagipenelitiselanjutnyadiharapkandapatmemodifikasimodelSTADagarlebihmenarik.