Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) menggunakan lembar kegiatan peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran Geografi kelas X IS SMAN 1 Tumpang / Widya Triapriliani

Main Author: Triapriliani, Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53557/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTriaprilianiWidya.2017.PengaruhModelProblemBasedLearning(PBL)MenggunakanLembarKegiatanPesertaDidik(LKPD)TerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikDalamMataPelajaranGeografiKelasXISSMAN1Tumpang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKunciProblemBasedLearningkemampuanberpikirkritisPemilihanmodelpembelajaranyangsesuaidapatmemberikanpeluangkeberhasilandalammencapaitujuanpembelajaran.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatdipilihguruuntukmenumbuhkankemampuanberpikirkritisadalahmodelproblembasedlearningmenggunakanlembarkegiatanpesertadidik.Kelebihanmodelproblembasedlearningmenggunakanlembarkegiatanpesertadidikyaituproblembasedlearningberisitantanganuntukmenemukanpengetahuanbarubagipesertadidikmelaluiproblembasedlearningpesertadidikdilatihcaraberpikirdanproblembasedlearningdapatmengembangkanminatpesertadidikuntukbelajarsecaraterusmenerussekalipunpendidikanformalberakhir.DengandemikianpenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelproblembasedlearningmenggunakanLKPDterhadapkemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXISSMAN1Tumpang.Penelitianinidirancangmenggunakaneksperimensemudenganposttestcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianiniadalahkelasXIS5sebagaikelaseksperimendankelasXIS3sebagaikelaskontrol.Datayangdiperolehdaripenelitianiniadalahnilaikemampuanberpikirkritis.Instrumenpenelitianiniterdiridari5butrisoal.ValiditaskostrukpadapenelitianinidilakukanolehdosengeografiBapakHadiSoekamto.Ujicobadilakukanpadapesertadidikselainsampelpenelitiansetelahbutirsoaldinyatakanvalidolehvalidator.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwanilaisig.(1-tailed)adalah0000