Penerapan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Turen Malang / Nurus Sofa
Main Author: | Sofa, Nurus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53555/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSofaNurus.2017.PenerapanModelPembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)untukMeningkatkanMinatdanHasilBelajarSiswaKelasXIIS3SMANegeri1TurenMalang.SkripsiJurusanGeografiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)ArdyantoTanjungS.PdM.PdPembimbing(2)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KataKuncimodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)minathasilbelajarBerdasarkanhasilobservasidikelasXIIS3padatanggal8Oktober2016yangmempunyaibeberapamasalahyaituterdapatsiswayangtidakmemperhatikanpelajaranpadasaatpelajaransiswamengantukdanmengobroldengantemannyasehinggasuasanakelaskurangkondusif.Selainrendahnyaminatsiswaterhadappelajarangeografimengakibatkanrendahnyahasilbelajarsiswa.Halinibisadilihatdenganhasilulanganhariansiswayangtergolongsangatrendah.DenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)dapatmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniuntukmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswadenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT).PenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelassubjekpenelitianpadakelasXIIS3sebanyak32siswa18siswalaki-lakidan14siswaperempuan.Instrumenyangdigunakanlembarobserversoaltesangketminatdandokumentasi.Untukpengumpulandatapadasaatpenelitianmenggunakanobservasiangketminatsoalteshasilbelajarsiswadandokumentasi.Kemudianuntukteknikanalisisdatadisajikandalambentuktabeldandiagram.Instrumentindakandiisiolehobserveryangberupacatatanlapangandanlembarobservasiatauketerlaksanaantindakan.Sedangkanuntukmengukurminatsiswamenggunakanangketminatdanuntukmengukurhasilbelajarmenggunakantesdiakhirsiklus.Hasilpenelitianyangtelahdiperolehrata-rataminatbelajarsiswasebelumtindakansebesar6564.SetelahtindakansiklusIyaitu7235kemudianpadasiklusIImenjadi7669.Untukhasilbelajarsebelumtindakansebesar6059.PadasiklusIsebesar7265danpadasiklusIIsebesar8012.KesimpulanyangdapatdiambildaridatatersebutyaitudenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament(TGT)dapatmeningkatkanminatdanhasilbelajarsiswakelasXIIS3diSMANegeri1TurenKabupatenMalang.