Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quipper school untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 6J2 SMA Negeri 10 Malang / Widya Pranata

Main Author: Pranata, Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53549/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPranataWidya.2017.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)berbantuanQuipperSchooluntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIPS6J2SMANegeri10Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KataKuncimodelProblemBasedLearningQuipperSchoolberpikirkritisKemampuanberpikirkritismerupakankemampuanyangpentinguntukdimilikidandikembangkansetiapsiswa.Kemampuanberpikirkritisdibutuhkansalahsatunyauntukmemahamimateripelajaran.PadakenyataannyayangterjadipadasiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malangkemampuantersebutbelumdilatihsecaramaksimal.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Padasaatsiswadiberikantugasdalambentukartikelhanya25%dari32siswayangdapatmerumuskanmasalahmenganalisismengevaluasimenginterpretasihinggamenarikkesimpulandenganbaik.Jawabansiswalainnyamasihterdapatbanyakkesalahansertakurangdidukungdatadansumberyangrelevan.Dalamprosespembelajaranmayoritassiswabelummencapaitahapberpikirkritissehinggajarangmunculpertanyaanataukritikanterhadapmateriyangdijelaskanguru.Daripermasalahantersebutdiperlukansebuahinovasipembelajaranyangdapatmengaitkanmateridenganpermasalahannyatayangbertujuanmengembangkankemampuanberpikirsiswadenganbaik.SalahsatumodelpembelajaranyangmenekankansiswauntukmembangunpengetahuannyadenganberpikirkritisadalahProblemBasedLearning.Penerapanmodeltersebutjugadapatdimaksimalkandenganbantuanaplikasisehinggaakanlebihefektif.SalahsatuaplikasiyangdapatdigunakanadalahQuipperSchool.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenggunakanmodelPBLberbantuanQuipperSchool.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas.Dalampenelitianiniterdapatduasiklusyangterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksipadatiapsiklusnya.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malangsebanyak32siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryangdiperolehdarisubjekpenelitian.Datayangdigunakanadalahdatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehdarihasiltes.TeskemampuanberpikirkritisdilaksanakansetelahtindakanpadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar2246%.PadasiklusInilairata-ratakemampuanberpikirkritissiswamencapai6261danpadasiklusIIyakni7667.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malang.UntukitudirekomendasikanagarmodelPBLberbantuanQuipperSchoolinidapatditerapkandalamupayameningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.