Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan quipper school untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS 6J2 SMA Negeri 10 Malang / Widya Pranata
Main Author: | Pranata, Widya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53549/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPranataWidya.2017.PenerapanModelProblemBasedLearning(PBL)berbantuanQuipperSchooluntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIPS6J2SMANegeri10Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KataKuncimodelProblemBasedLearningQuipperSchoolberpikirkritisKemampuanberpikirkritismerupakankemampuanyangpentinguntukdimilikidandikembangkansetiapsiswa.Kemampuanberpikirkritisdibutuhkansalahsatunyauntukmemahamimateripelajaran.PadakenyataannyayangterjadipadasiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malangkemampuantersebutbelumdilatihsecaramaksimal.Berdasarkanhasilobservasidiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Padasaatsiswadiberikantugasdalambentukartikelhanya25%dari32siswayangdapatmerumuskanmasalahmenganalisismengevaluasimenginterpretasihinggamenarikkesimpulandenganbaik.Jawabansiswalainnyamasihterdapatbanyakkesalahansertakurangdidukungdatadansumberyangrelevan.Dalamprosespembelajaranmayoritassiswabelummencapaitahapberpikirkritissehinggajarangmunculpertanyaanataukritikanterhadapmateriyangdijelaskanguru.Daripermasalahantersebutdiperlukansebuahinovasipembelajaranyangdapatmengaitkanmateridenganpermasalahannyatayangbertujuanmengembangkankemampuanberpikirsiswadenganbaik.SalahsatumodelpembelajaranyangmenekankansiswauntukmembangunpengetahuannyadenganberpikirkritisadalahProblemBasedLearning.Penerapanmodeltersebutjugadapatdimaksimalkandenganbantuanaplikasisehinggaakanlebihefektif.SalahsatuaplikasiyangdapatdigunakanadalahQuipperSchool.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenggunakanmodelPBLberbantuanQuipperSchool.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas.Dalampenelitianiniterdapatduasiklusyangterdiridariperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksipadatiapsiklusnya.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malangsebanyak32siswa.Penelitianinimenggunakansumberdataprimeryangdiperolehdarisubjekpenelitian.Datayangdigunakanadalahdatakemampuanberpikirkritisyangdiperolehdarihasiltes.TeskemampuanberpikirkritisdilaksanakansetelahtindakanpadasiklusIdansiklusII.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswasebesar2246%.PadasiklusInilairata-ratakemampuanberpikirkritissiswamencapai6261danpadasiklusIIyakni7667.KesimpulanpenelitianiniadalahpenerapanmodelPBLdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIPS6J2SMANegeri10Malang.UntukitudirekomendasikanagarmodelPBLberbantuanQuipperSchoolinidapatditerapkandalamupayameningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.