Penerapan pembelajaran discovery untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dalam pokok bahasan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Wilayah Berkelanjutan di SMAN 1 Singosari Kab. Malang / Tantio Kuswari
Main Author: | Kuswari, Tantio |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53548/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKuswariTantio.2017.PenerapanModelPembelajaranDiscoveryLearningUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIIPSPadaMataPealajaranGeografiDalamPokokBahasanLingkunganHidupDanPembangunanWilayahBerkelanjutanDISMAN1SingosariKab.Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Drs.HendriPurwitoM.Si(II)Dra.YuswantiA.W.M.Si.KataKunciModelPembelajaranDiscoveryLearningKemampuanBerpikirKritis.PembelajarandikelasXIIPSCSMAN1Singosaridiketahuibahwakemampuanberpikirkritissiswamasihrendah.Halinidibuktikandari42siswahanya8siswayangaktifbertanyadanmemberikanargumenpadasaatgurumengajukanpertanyaanpadasiswa.Kemampuansiswadalammerumuskanmasalahmengumpulkandatayangberkaitandenganpermasalahanyangadadanmenganalisisdatayangdiperolehmasihrendah.GurumatapelajaranGeografimasihmenggunakanmetodeceramahdalammengajardanpembelajarandikelasmasihberpusatpadaguru.Salahsatucarauntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswaadalahdenganmenerapkanmodelpembelajaranyangsesuai.BerkaitandenganhaltersebutsalahsatumodelpembelajaranyangsesuaiadalahmodelDiscoveryyangmembantucarabelajarsiswalebihaktifdenganmenemukansendirimenyelidikisendirimelaluipermasalahanyangadadilingkungansekitar.PenelitianinidilaksanakandiSMAN1SingosariKabupatenMalangdengansubjeksiswakelasXIIPSCyangberjumlah42siswa.Penelitianinitermasukpenelitiantindakankelas(classroomactionresearch)yangterdiridariduasiklusmasing-masingsiklusterdiridariduapertemuan.Teknikpengumpulandatakemampuanberpikirkritissiswamenggunakansoalteskemampuanberpikirkritissiswa.TujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadenganmenerapkanmodelpembelajaranDiscoveryLearning.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswamengalamipeningkatandarisiklusIkesiklusII.Rata-ratahasilteskemampuanberpikirkritissiswapadasiklusIsebesar6895danrata-ratahasilteskemampuanberpikirkritissiswapadasiklusIIsebesar7814terjadipeningkatandarisiklusIkesiklusIIsebesar919ataupeningkatan1332%dengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranDiscoveryLearningdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswadikelasXIIPSCSMAN1SingosariKabupatenMalang.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdapatdikemukakansaransebagaiberikut1.)bagiguruGeografidiharapkandapatmenerapkanmodelpembelajaranDiscoveryLearningsebagaialternatifmodelyangbisadigunakangunamemacusiswauntukberpikirkritis2.)bagisekolahdiharapkanmenjadisalahsatubahanpertimbanganuntukmenghimbauguruuntukmenerapkanmodelpembelajaranDiscoveryLearningdalamusahameningkatkankemampuanberpikirkritissiswasertamutusekolah.ABSTRACTKuswari.Tantio2017.ApplicationofLearningModelDiscoveryLearningToImproveCriticalThinkingSkillsStudentClassXIIPSAtPealajaranMataGeographyInHighlightsEnvironmentAndSustainableRegionalDevelopmentDISMAN1Singosaridistrict.Malang.ThesisDepartmentofGeographyEducationDepartmentofGeographyFacultyofSocialSciencesStateUniversityofMalangAdvisor(I)Drs.HendriPurwitoM.Si(II)Dra.YuswantiA.W.M.SiKeywordsLearningModelDiscoveryLearningCriticalThinkingSkillsLearninginclassXIIPSSMAN1SingosariCisknownthatthecriticalthinkingskillsofstudentsisstilllow.Thisisevidencedfrom42studentsonly8studentswereactiveinaskingandgivingargumentswhentheteacheraskedaquestiononthestudents.Studentsabilitytodefineproblemscollectdatarelatingtotheexistingproblemsandanalyzethedataobtainedisstilllow.Geographyteachersstillusethelecturemethodinteachingandlearningintheclassroomisteacher-centered.Onewaytoimprovestudentscriticalthinkingskillsisbyapplyingappropriatelearningmodel.InthisregardonemodeloflearningissuitablyDiscoverymodelsthathelpstudentslearnhowtobemoreactivetofindthemselvestoinvestigateitselfthroughtheexistingproblemsintheneighborhood.ThisresearchwasconductedatSMAN1SingosariMalangwiththesubjectofclassXIIPSCtotaling42students.Thisstudyincludesclassroomactionresearch(classroomactionresearch)consistingoftwocycleseach-eachcycleconsistingoftwomeetings.Datacollectiontechniquescriticalthinkingabilityofstudentstousecriticalthinkingskillstestquestionsstudents.ThepurposeofthisstudyistoimprovestudentscriticalthinkingskillsbyapplyingthelearningmodelDiscoveryLearning.Theresultsshowedthatthecriticalthinkingskillsofstudentshasincreasedfromthefirstcycletothesecondcycle.Theaveragetestresultsofstudentscriticalthinkingskillsinthefirstcycleof68.95andtheaverageteststudentscriticalthinkingskillsinthesecondcycleof78.14anincreasefromthefirstcycletothesecondcycleof9.19andapercentageincreasein1332%thusitcanbeconcludedthattheDiscoverylearningmodelcanimprovecriticalthinkingskillsofstudentsinclassXIIPSCSMAN1SingosariMalang.Basedontheseresultsitcanbeputforwardsuggestionsasfollows1.)ForteachersofGeographyisexpectedtoapplythelearningmodelDiscoveryLearningasanalternativemodelthatcouldbeusedinordertostimulatestudentstothinkcritically2.)forschoolsexpectedtobeoneconsiderationtourgeteacherstoimplementlearningmodelDiscoverylearninginanefforttoimprovestudentscriticalthinkingskillsaswellasthequalityofschools.