Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI IIS 4 mata pelajaran geografi di SMA Negeri 7 Malang / Rusana Lia Amanda

Main Author: Amanda, Rusana Lia
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53547/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAmandaRusanaLia.2017.PenerapanModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)UntukMeningkatkanMinatBelajarPesertaDidikKelasXIIIS4MataPelajaranGeografidiSMANegeri7Malang.Pembimbing(1)Drs.SudarnoHerlambangM.Si(II)Drs.RudiHartonoM.Si.KataKunciMinatBelajarModelPembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS).Penggunaanmodelpembelajaranyangtidakmenarikperhatianpesertadidikakanmempengaruhiminatbelajardalamprosespembelajaran.Minatbelajarpesertadidiksangatberpengaruhbesardalamprosespembelajaranyangdiciptakangurudalamruangkelas.Penelitianiniberawaldarimasalahyangditemukanpadasaatwawancaradanobservasi.Wawancaradanobservasidilaksanakanpadatanggal17September2016diSMANegeri7Malang.Hasilwawancaradanobservasiyaitupesertadidikkurangberminatdalammengikutipembelajarankhususnyamatapelajarangeografi.Haltersebutdiakibatkangurukurangbervariasidalammenggunakanmodelpembelajaran.GurusudahmemancingpesertadidikmenggunakanmodelpembelajaranceramahtanyajawabdanActiveLearninghanyasebagianpesertadidikyangmeresponguru.Minatbelajarpesertadidikhanyabisatumbuhketikasuasanabelajaryangmenyenangkandiciptakanolehgurusaatprosespembelajaran.TujuanpenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)untukmeningkatkanminatbelajarpesertadidikkelasXIIIS4matapelajarangeografidiSMANegeri7Malang.Subbabmaterigeografiyangakandipelajariadalahkegiatanpertaniandankegiatanpertambanganyangberkelanjutan.JenispenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(ClassroomActionResearch).Penelitiandilakukanpadabulanfebruari2017.Penelitianiniterdiridari2siklusdansetiapsiklusnyaterdiridariduakalipertemuan.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaantindakanpengamatandanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahpesertadidikkelasXIIIS4yangberjumlah28pesertadidiksemestergenapSMANegeri7Malangtahunajaran2016/2017.Pengumpulandataminatbelajardiambildarihasilangketminatbelajarpesertadidikdengancaramembandingkanskorrata-ratasiklusIdanIImenggunakantabelmaupundiagram.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)dapatmeningkatkanminatbelajarpesertadidikdalammatapelajarangeografi.Hasilanalisisdataminatbelajarpesertadidikmenunjukkanbahwaskorrata-rataminatbelajarmengalamipeningkatandarisiklusIsebesar6404%meningkatpadasiklusIIsebesar7279%.PeningkatanyangterjadipadasiklusIkesiklusIIadalahsebesar875%.