Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 2 Batu / Damaola Via Mahardini

Main Author: Mahardini, Damaola Via
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53545/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMahardiniDamaolaVia.2017.PengaruhModelPembelajaranProjectBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikKelasIISSMANegeri2Batu.SkripsiJurusanGeografi.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HendriPurwitoM.Si(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KatakunciberpikirkreatifmodelpembelajaranProjectBasedLearningKetrampilanberpikirdiperlukanuntukmengembangkansuatukreativitasyangdimilikiolehpesertadidikdalamkegiatanpembelajaran.Kegiatanpembelajarandenganmempertimbangkankemampuanberpikirkreatifdapatmelahirkansesuatuyangbarubaikberupagagasanmaupunkaryanyata.Kemampuanberpikirkreatifdapatberkembangapabiladidukungdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangsesuaiyaitumelaluiaktivitaspesertadidikyangbemaknamelaluipengalamannyatadanmenekankanpadakegiatanaktif.ModelpembelajaranyangsesuaidengankinerjanyatapesertadidikadalahmodelpembelajaranProjectBasedLearning.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelProjectBasedLearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)menggunakanrancanganPretest-posttestControlGroupDesign.SubjekpenelitianterdiridarisatukelaseksperimendansatukelaskontrolpesertadidikkelasXIISSMA2Batu.Instrumenpenelitianberupalembartesyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberikirkreatifpesertadidik.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.HasilanalisismenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifpesertadidikyangmenggunakanmodelProjectBasedLearninglebihbaikdaripadapesertadidikyangtidakmenggunakanmodelProjectBasedLearning.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelProjectBasedLearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.SaranyangdiajukanuntukguruadalahmenjadikanmodelProjectBasedLearningsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatif.SaranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmengujicobakanmodelProjectBasedLearningpadamateriberbedadanmengkombinasikandenganmediapembelajarandankerjaproyekyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadapkemampuanberpikirkreatifdanmemperolehmanfaatyanglebihbesardariModelProjectBasedLearning.