Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X IIS SMA Negeri 2 Batu / Damaola Via Mahardini
Main Author: | Mahardini, Damaola Via |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53545/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahardiniDamaolaVia.2017.PengaruhModelPembelajaranProjectBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKreatifPesertaDidikKelasIISSMANegeri2Batu.SkripsiJurusanGeografi.FakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HendriPurwitoM.Si(II)Drs.MarhadiSlametKistiyantoM.Si.KatakunciberpikirkreatifmodelpembelajaranProjectBasedLearningKetrampilanberpikirdiperlukanuntukmengembangkansuatukreativitasyangdimilikiolehpesertadidikdalamkegiatanpembelajaran.Kegiatanpembelajarandenganmempertimbangkankemampuanberpikirkreatifdapatmelahirkansesuatuyangbarubaikberupagagasanmaupunkaryanyata.Kemampuanberpikirkreatifdapatberkembangapabiladidukungdenganmenggunakanmodelpembelajaranyangsesuaiyaitumelaluiaktivitaspesertadidikyangbemaknamelaluipengalamannyatadanmenekankanpadakegiatanaktif.ModelpembelajaranyangsesuaidengankinerjanyatapesertadidikadalahmodelpembelajaranProjectBasedLearning.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelProjectBasedLearningterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(quasiexperiment)menggunakanrancanganPretest-posttestControlGroupDesign.SubjekpenelitianterdiridarisatukelaseksperimendansatukelaskontrolpesertadidikkelasXIISSMA2Batu.Instrumenpenelitianberupalembartesyangdigunakanuntukmengukurkemampuanberikirkreatifpesertadidik.Teknikanalisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.HasilanalisismenunjukkanbahwakemampuanberpikirkreatifpesertadidikyangmenggunakanmodelProjectBasedLearninglebihbaikdaripadapesertadidikyangtidakmenggunakanmodelProjectBasedLearning.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanmodelProjectBasedLearningberpengaruhterhadapkemampuanberpikirkreatifpesertadidik.SaranyangdiajukanuntukguruadalahmenjadikanmodelProjectBasedLearningsebagaialternatifmodelpembelajaranuntukmeningkatkankemampuanberpikirkreatif.SaranuntukpenelitianselanjutnyaadalahmengujicobakanmodelProjectBasedLearningpadamateriberbedadanmengkombinasikandenganmediapembelajarandankerjaproyekyanglebihvariatifsehinggatampakpengaruhyangbesarterhadapkemampuanberpikirkreatifdanmemperolehmanfaatyanglebihbesardariModelProjectBasedLearning.