Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pelajaran Keragaman Budaya Indonesia kelas XI IIS di SMA / Dwisty Woro Adharini

Main Author: Adharini, Dwisty Woro
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53543/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAdhariniDwistyWoro.2017.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikPadaMateriKeragamanBudayaIndonesiaDiSMA.SkripsijurusangeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SinggihSusiloM.SM.Si(II)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KataKunciModelpembelajaranproblembasedlearningkemampuanberpikirkritispesertadidik.Pembelajaranyangefektifdapatdilakukandengansuatuperencanaanyangsudahdisesuaikandengankarakteristikpesertadidik.Berdasarkanobservasiawalgurutelahmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanscientificsesuaidengankurikulum2013.Pembelajaranyangtelahdilaksanakanternyatabelummampumenimbulkankemampuanberpikirkritispesertadidik.OlehsebabitukemampuanberpikirkritispesertadidikdapatditumbuhkanmelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Problembasedlearningmerupakanpembelajaranberorientasipadamasalahyangmendorongpesertadidikmenyelesaikandanmemecahkansuatupermasalahandidunianyatadilingkungansekitar.PenelitianinimengambilrancanganpenelitianNonequivalentControlGroupDesign.KelaseksperimenyaituXIIIS5dankelaskontrolyaitukelasXIIIS3.Instrumenpenelitianmenggunakansoaltesdengan5butirsoalyangmampumenunjukankemampuanberpikirkritissiswa.AnalisisdatayangdigunakanadalahUji-tberbantuanSPSS16.0forwindows.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahhasiluji-tterhadapkemampuanberpikirkritispesertadidikbahwanilaiprobalbilitas(Sig.2-tailed)adalah0000yaitukurangdari005(0000