Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pelajaran Keragaman Budaya Indonesia kelas XI IIS di SMA / Dwisty Woro Adharini
Main Author: | Adharini, Dwisty Woro |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53543/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAdhariniDwistyWoro.2017.PengaruhModelPembelajaranProblemBasedLearningTerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidikPadaMateriKeragamanBudayaIndonesiaDiSMA.SkripsijurusangeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SinggihSusiloM.SM.Si(II)ArdyantoTanjungS.PdM.Pd.KataKunciModelpembelajaranproblembasedlearningkemampuanberpikirkritispesertadidik.Pembelajaranyangefektifdapatdilakukandengansuatuperencanaanyangsudahdisesuaikandengankarakteristikpesertadidik.Berdasarkanobservasiawalgurutelahmelaksanakanpembelajarandenganmenggunakanpendekatanscientificsesuaidengankurikulum2013.Pembelajaranyangtelahdilaksanakanternyatabelummampumenimbulkankemampuanberpikirkritispesertadidik.OlehsebabitukemampuanberpikirkritispesertadidikdapatditumbuhkanmelaluipenerapanmodelpembelajaranProblemBasedLearning.Problembasedlearningmerupakanpembelajaranberorientasipadamasalahyangmendorongpesertadidikmenyelesaikandanmemecahkansuatupermasalahandidunianyatadilingkungansekitar.PenelitianinimengambilrancanganpenelitianNonequivalentControlGroupDesign.KelaseksperimenyaituXIIIS5dankelaskontrolyaitukelasXIIIS3.Instrumenpenelitianmenggunakansoaltesdengan5butirsoalyangmampumenunjukankemampuanberpikirkritissiswa.AnalisisdatayangdigunakanadalahUji-tberbantuanSPSS16.0forwindows.Hasilyangdiperolehdalampenelitianiniadalahhasiluji-tterhadapkemampuanberpikirkritispesertadidikbahwanilaiprobalbilitas(Sig.2-tailed)adalah0000yaitukurangdari005(0000