Penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran geografi peserta didik kelas XIPS-1 SMAN 2 Malang / Tatok Risanggalih Wijayanto

Main Author: Wijayanto, Tatok Risanggalih
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53540/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWijayantoTatokRisanggalih.2017.PenerapanModelPembelajaranTeamAssistedIndividualitazion(TAI)untukMeningkatkanKemampuanPemahamanKonsepMataPelajaranGeografiPesertaDidikKelasX-IPS1SMAN2Malang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)DrsSudarnoHerlambangM.Si(II)Dr.Ach.AmirudinM.PdKataKunciPemahamanKonsepTeamAssistedIndividualitazion.PembelajarangeografidiSMAN2Malangmasihdijumpaipermasalahan.MasalahyangmunculadalahrendahnyapemahamankonsepgeografipesertadidikkelasXIPS-1.Rendahnyakemampuanpemahamankonseppesertadidikdibuktikandenganhasilulanganyangmenunjukkanbahwahanyaada4orangdari33pesertadidikyangmampumenjawabsoaldenganbenar.Dalamberkelompokpesertadidikmembentukkelompokyangtidakseimbangpesertadidikyangpintartidakbertanggungjawabterhadappesertadidikyanglemahsehinggaprosesdiskusitidakberjalandenganbaikdanpesertadidikdenganpemahamanrendahmemilikihasilbelajarrendahkarenaketidakpahamannya.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanpemahamankonseppesertadidikkelasXIPS-1SMAN2MalangmelaluipenerapanmodelTeamAssistedIndividualitazion(TAI).Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklus.Setiapsiklusterdiridarikegiatanperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.SubjekpenelitianyaitupesertadidikkelasXIPS-1yangberjumlah33orang.Instrumenyangdigunakanuntukmengukurpemahamankonseppesertadidikberupasoaluraianyangterdiridarilimabutirsoal.Instrumenpelaksanaantindakanyaitulembarobservasidancatatanlapanganyangdiisiolehobserver.Peningkatanpemahamankonsepdiperolehdariperbandinganhasilnilairata-ratapemahamankonsepsetiapakhirsiklus.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadapeningkatanpemahamankonseppesertadidik.Peningkatanpemahamankonseppesertadidikdibuktikandengannilairata-ratapemahamankonseppesertadidikmeningkatdarisebelumsampaisesudahtindakan.Nilairata-ratasebelumtindakanadalah63%padasiklusImeningkatmenjadi6484%.PadasiklusIInilairata-ratapemahamankonseppesertadidikmeningkatkembalisebesar713menjadi719%.Kekurangandalampembelajaranyangharusdiperbaikidiantaranya(1)apersepsisebagaipembangunsemangatbelajarpesertadidikharusdisampaikandiawalpembelajaran(2)guruharusmemberikanbimbingankelompoksecaramerata(3)guruharusmembuatkisi-kisijawabansertamemberikangambarandalammenjawabsoalagarbisaruntutdalammenjelaskan.ABSTRACTWijayantoTatokRisanggalih.2017.ApplicationofTeamAssistedIndividualitazion(TAI)LearningModeltoImproveConceptUndestandingoftheStudentGeographySubjectofClassXIPS-1SMAN2Malang.ThesisDepartmentofGeographyFacultyofSocialScienceStateUniversityofMalang.Supervisor(I)DrsSudarnoHerlambangM.Si(II)Dr.Ach.AmirudinM.PdKeywordsConceptUnderstandingTeamAssistedIndividualitazion.GeographylearninginSMAN2Malangstillencounteredproblems.TheproblemthatarisesisthelackofunderstandingtheconceptofgeographylearnersXIPSclass-1.Lowabilitylearnersunderstandingoftheconceptisevidencedbythetestresultsshowedthattherewereonly4of33studentswhocananswerthequestionscorrectly.Ingroupsthestudentsformedagroupthatisnotbalancedsmartlearnerswhoarenotresponsiblefortheweaklearnerssothatthediscussiondidnotgowellandlearnerswithanunderstandingoftheloweducationoutcomesarelowbecausedontunderstand.ThepurposeofthisresearchistoincreasetheconceptattainmentofstudentXIPS-1SMAN2MalangthroughtheapplicationofmodelsTeamAssistedIndividualitazion(TAI).Thisresearchisaclassactconsistingoftwocycles.Eachcycleconsistsofplanningimplementationobservationandreflection.SubjectofresearchthatstudentsXIPSclass-1totaling33people.Theinstrumentusedtomeasuretheunderstandingoftheconceptoflearnersintheformofaboutadescriptionoffiveitems.Instrumentsimplementationofthemeasuresnamelyobservationchecklistandfieldnoteswerefilledbytheobserver.Improvedunderstandingoftheconceptderivedfromthecomparisonoftheaveragevalueofunderstandingtheconceptoftheendofeachcycle.Theresultsshowthatthereisanincreasedunderstandingoftheconceptoflearners.Improvedunderstandingoftheconceptoflearnersprovenbytheaveragevalueofunderstandingtheconceptoflearnersincreasedfrombeforetoaftertheaction.Theaveragevaluebeforeactionisa63%inthefirstcycleincreaseto64.84%.Inthesecondcycletheaveragevalueofunderstandingtheconceptoflearnersincreasedagainby7.13becomes71.9%.Shortcomingsinlearningshouldbeimproved(1)apersepsiasthebuilderofthespiritoflearnerstobedeliveredinearlylearning(2)theteachershouldprovideguidancegroupsequally(3)theteachermustmakeagratinganswersandgivesanoverviewinansweringthequestionsinordertocoherentlyexplain