Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar geografi peserta didik kelas XI IPS 3 SMAN 1 Genteng Kabupaten Banyuwangi / Fastamik Norma Yucha

Main Author: Yucha, Fastamik Norma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53533/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYuchaFastamikNorma.2017.PenerapanModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)UntukMeningkatkanHasilBelajarGeografiPesertaDidikKelasXIIPS3SMAN1GentengKabupatenBanyuwangi.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.DosenPembimbing(I)Prof.Dr.BudijantoM.Sos(II)Drs.YusufSuhartoM.Pd.KataKunciModelpembelajaranSTADhasilbelajarpesertadidik.Hasilobservasiyangdilakukanpadatanggal3September2016menunjukkanbahwahasilbelajargeografipesertadidikdiSMAN1GentengtergolongrendahkhususnyadikelasXIIPS3.Rata-ratanilaipesertadidikkelasXIIPS3yaitu64sedangkannilaiKKMyangditetapkanolehguruadalah75.PesertadidiktidakadayangmendapatkannilaidiatasKKM.Untukmengatasipermasalahantersebutperludilakukanpenelitiantentangpenerapanmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.SalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukmeningkatkanhasilbelajarGeografipesertadidikpadamateriBudayaNasionaldanInteraksiGlobal.Jenispenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelas.Padapenelitianiniterdiridariduasiklusyangpadamasing-masingsiklusterdapat4tahapanyaituperencanaanpelaksanaanobservasidanrefleksi.Setiapsiklusterdiridariduapertemuan.PenelitianinidilaksanakandikelasXIIPS3SMAN1Gentengyangterdiridari28pesertadidikpadamateriBudayaNasionaldanInteraksiGlobal.Pengumpulandatadilakukandenganobservasitestulisdandokumentasi.AnalisisdatamenggunakanrumuspeningkatansiklusIdansiklusIIdanjugarumusketuntasanklasikal.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaterdapatpeningkatanhasilbelajarGeografipesertadidikkelasXIIPS3SMAN1GentengsetelahditerapkanmodelpembelajaranSTAD.HasilbelajarpesertadidikmeningkatdarisiklusIkesiklusII.Haliniditunjukanpadarata-ratahasilbelajarpesertadidiksiklusIsebesar7489(baik)meningkat1494%menjadi8608(sangatbaik)padasiklusII.KetuntasanklasikalpesertadidikpadasiklusIhanya50%(kurang).PadasiklusIIketuntasanklasikalpesertadidikmeningkat3571%menjadi8571%(baik).Berdasarkanpenelitianyangdilakukanterdapatbeberapasaranyaitu(1)GuruGeografiperlumenerapkanmodelpembelajaran(STAD)sebagaisalahsatumodelalternatifdalamkegiatanpembelajaran(2)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamendatangkanlebihdariduaobserveragarkondisikelasdapatdiamatilebihbaik(3)BagipenelitiselanjutnyapenelitianinidiharapkandapatmenjadisalahsatureferensiuntukmelakukanpenelitiantentangmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dikombinasikandenganmodelpembelajaranyanglain.ABSTRACTYuchaFastamikNorma.2017.TheImplementationofStudentTeamsAchievementDivision(STAD)LearningModelToImproveGeographyLearningOutcomesofStudentsClassXIIPS3SMAN1GentengBanyuwangiRegency.ThesisDepartmentofGeographyFacultyofSocialSciencesUniversitasNegeriMalang.Advisor(I)Prof.Dr.BudijantoM.Sos(II)Drs.YusufSuhartoM.Pd.KeywordsSTADlearningmodellearningoutcomeofstudents..Theresultoftheobservationconductedon3rdofSeptember2016showsthatgeographylearningoutcomesof1GentengSeniorHighSchoolstudentsislowespeciallyinclassXIIPS3.TheaveragescoreofstudentsinclassXIIPS3is64howevertheminimumstandartofcompetencyachivementdeterminedbytheteachersis75.Nostudentscanpasstheminimumstandartofcompetency.Tosolvetheproblemitneedstheobservationaboutimplementationlearningmodelsthatcanimprovethelearningoutcomesofthestudents.StudentsTeamsAchievementDivision(STAD)isoneofthecooperativelearningmodelstoimprovegeoraphylearningoutcomesofstudentsinNationalCulturesandGlobalInteractionsubjectmaterial.Thistypeofresearchisaclassroomactionresearch.Therearetwocyclesandforeachcycleconsistsof4phasestheyarePlanningimplementationobservationandreflection.Eachcycleconsistsoftwomeetings.TheresearchwasconductedinclassXIIPS3ofSMAN1Gentengconsistingof28studentsonthematerialoftheNationalCultureandGlobalInteractions.Thedataiscollectedthroughobservationwrittentestanddocumentation.Inanalizingthedataitusestheincreaseformulainthefirstandthesecondcycleandalsoclassicalcompletenessformula.BasedontheresearchresultitrevealedthattherewasanincreaseinGeographylearningoutcomesofstudentsclassXIIPS3ofSMAN1GentengafterappliedSTADlearningmodel.Learningoutcomesofstudentsincreasefromfirstcycletosecondcycle.Itcanbeseenfromtheaveragescoreofthestudentsinfirstcycleis7489(good)andincrease1494%becomes8608(verygood)inthesecondcycle.Theclassicalcompletenessofstudentsinthefirstcycleonly50%(deficient).Thesecondclassicalcompletenesscycleofstudentsincreasesfrom3571%to8571%(excellent).Therearesomesuggestionsbasedontheresearch(1)Theteachersneedtoapplylearningmodel(STAD)asoneofthealternativemodelinlearningactivities(2)Forthenextresearcheritsbettertoprovidetwooberverssothattheclassconditioncanbeobservedwell(3)ForthenextresearcherthisstudyisexpectedtobeoneofthereferencestoresearchthelearningmodelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)combinedwithotherlearningmodels.