Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS Madrasah Aliyah / Bastian Wibowo

Main Author: Wibowo, Bastian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53530/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWibowoBastian.2016.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapKemampuanBerfikirAnalitispadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMadrasahAliyah.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AchAmirudinM.Pd(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKemampuanBerpikirAnalitisInkuiriterbimbingmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangmenggunakanpendekatanberbasismasalah.Setiapprosesdalampembelajaraninkuirimelatihpesertadidikuntukberpikirsecaraaktif.Pembelajaranmenggunakaninkuiriterbimbingdiharapkandapatmelatihpesertadidikuntukmenumbuhkankemampuanberpikiranalitisdanmemilikiketerampilanberpikiryangtinggi.Pembelajaraninkuiriterbimbingdiharapkandapatmembantupesertadidikuntukmemahamiperubahandilingkungansekitarnyamelaluitahapanpengumpulandatadiluarkelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadapkemampuanberpikiranalitispadamatapelajarangeografiKelasXIIPSMAAlMaarifSingosari.RancanganpenelitianiniadalahPretest-Postest-ControlGroupDesignyangtermasukdalampenelitiankuantitatif.PenelitianinidilaksanakandiMAAlMaarifSingosarikelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Datadalampenelitianiniadalahkemampuanberpikiranalitispesertadidik.Pengumpulandatadilakukandenganteskemampuanawaldanteskemampuanakhir.AnalisisdatadilakukandenganmembandingkangainscoreantarakelaseksperimendankelaskontroldenganmenggunakanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikiranalitispesertadidikkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Nilaiprobabilitaskelaseskperimenadalah0004.Jikanilaiprobabilitas