Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS Madrasah Aliyah / Bastian Wibowo
Main Author: | Wibowo, Bastian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53530/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWibowoBastian.2016.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapKemampuanBerfikirAnalitispadaMataPelajaranGeografiKelasXIIPSMadrasahAliyah.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.AchAmirudinM.Pd(2)Drs.SudarnoHerlambangM.Si.KataKunciModelPembelajaranInkuiriTerbimbingKemampuanBerpikirAnalitisInkuiriterbimbingmerupakansalahsatumodelpembelajarankooperatifyangmenggunakanpendekatanberbasismasalah.Setiapprosesdalampembelajaraninkuirimelatihpesertadidikuntukberpikirsecaraaktif.Pembelajaranmenggunakaninkuiriterbimbingdiharapkandapatmelatihpesertadidikuntukmenumbuhkankemampuanberpikiranalitisdanmemilikiketerampilanberpikiryangtinggi.Pembelajaraninkuiriterbimbingdiharapkandapatmembantupesertadidikuntukmemahamiperubahandilingkungansekitarnyamelaluitahapanpengumpulandatadiluarkelas.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaraninkuiriterbimbingterhadapkemampuanberpikiranalitispadamatapelajarangeografiKelasXIIPSMAAlMaarifSingosari.RancanganpenelitianiniadalahPretest-Postest-ControlGroupDesignyangtermasukdalampenelitiankuantitatif.PenelitianinidilaksanakandiMAAlMaarifSingosarikelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Datadalampenelitianiniadalahkemampuanberpikiranalitispesertadidik.Pengumpulandatadilakukandenganteskemampuanawaldanteskemampuanakhir.AnalisisdatadilakukandenganmembandingkangainscoreantarakelaseksperimendankelaskontroldenganmenggunakanSPSS16.0forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikiranalitispesertadidikkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Nilaiprobabilitaskelaseskperimenadalah0004.Jikanilaiprobabilitas