Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir analistis siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wringinanom Gresik / Rizco Aditya Arfiardy
Main Author: | Arfiardy, Rizco Aditya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53526/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArfiardyRizcoAditya.2016.PenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirAnalisisSiswaKelasXIIPS2SMANegeri1WringianomGresik.SkripsijurusanGeogragiFakultasIlmuSosialUniversitasnegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HendriPurwitoM.Si(II)Ir.JuartiM.PKataKunciModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)KemampuanBerpikirAnalitisKemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS2SMANegeri1WringinanomGresiktergolongrendahkarenaketerlibatansiswadalampembelajaranmasihkurang.Kondisitersebutmembuatsiswamenjadibosankarenamodelpembelajaranyangdigunakankurangmenariksehinggakemampuanberpikiranalitissiswakurangberkembang.Untukmengatasipermasalahantersebutdiperlukanmodelpembelajarankooperatifyangmampumelibatkanperansiswasecaramenyeluruhdalampembelajaran.DipilihnyamodelpembelajaranGroupInvestigationkarenamodelinimerancangpolapembelajaranyangaktifdanmelibatkansiswadalampembelajaranyangdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswadiSMANegeri1WringinanomGresik.PenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswamelaluimodelpembelajaranGroupInvestigation.PenelitianinidilakukandiSMANegeri1WringinanomGresikdenganmenggunakanmetodepenelitiantindakankelasyangdilaksanakandalam2siklusdimanadalamsetiapsiklusterdiridariduakalipertemuandansatukalitesakhirsiklus.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPS2SMANegeri1WringinanomGresiktahunajaran2016/2017yangterdiridari30siswa.Instrumenyangdigunakanadalahlembarobesrvasikegiatanpembelajarantesesaidandokumentasi.HasilpenelitianmenunjukkanadanyapeningkatanterhadapkemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS2SMANegeri1WringinanomGresikdengannilairata-rataprasiklussebesar69meningkatmenjadi7156padasiklusIdenganpersentasekenaikan371%kemudianmengalamipeningkatanjugamenjadi7967padasiklusIIdenganpersentasekenaikan1133%.Totalpersentasekenaikannilairata-ratasiswadariprasiklushinggasiklusIIsebesar1546%.KesimpulandaripenelitianiniadalahpenerapanmodelpembelajaranGroupInvestigationdapatmeningkatkankemampuanberpikiranalitissiswakelasXIIPS2SMANegeri1WringinanomGresik.