Pengaruh model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi SMAN 7 Malang / Romauli BR Sitinjak

Main Author: Sitinjak, Romauli BR
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53515/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSitinjakRomauli.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapKemampuanBerpikirAnalitispadaMataPelajaranGeografiSMAN7Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(II)Drs.SudarnoHerlambangM.SiKataKunciTeamAssistedIndividualizationKemampuanBerpikirAnalitisModelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationadalahpembelajarankooperatifyangmemadukandenganpengajarantutorsebayauntukdapatmelatihketerampilansosialdalamkelompokdanmelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidik.ModelpembelajaranTAImemilikiberbagaikelebihandansintaknyamampumelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikkelasXISMAN7Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(QuasiExperimental)dengandesainpretestposttestgroupdesign.SubjekdalampenelitianinidibagimenjadiduakelasyaituXIIIS2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationdanXIIIS1sebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdengansoaluraian.Analisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanberpikiranalitispesertadidikkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Darihasiluji-tterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikdidapatkanbahwanilaiprobabilitasadalah0000.Darihasiltersebutnilaiprobabilitas005makaH0ditolakdanH1diterimaataudiinterpretasibahwaterdapatpengaruhkemampuanberpikiranalitispesertadidikkelasXIyangmengikutimodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization.ModelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationmemilikikelebihanyangmampumelatihkemampuanberpikiranalitis.Olehkarenaitudisarankanuntukdigunakandalammelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidikkhususnyapadakompetensidasaryangmenuntutkemampuanberpikiranalitissehinggamenciptakanpembelajaranyanglebihbermaknabagipesertadidik.