Pengaruh model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan berpikir analitis pada mata pelajaran geografi SMAN 7 Malang / Romauli BR Sitinjak
Main Author: | Sitinjak, Romauli BR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53515/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSitinjakRomauli.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamAssistedIndividualization(TAI)terhadapKemampuanBerpikirAnalitispadaMataPelajaranGeografiSMAN7Malang.SkripsiProgramStudiPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si.(II)Drs.SudarnoHerlambangM.SiKataKunciTeamAssistedIndividualizationKemampuanBerpikirAnalitisModelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationadalahpembelajarankooperatifyangmemadukandenganpengajarantutorsebayauntukdapatmelatihketerampilansosialdalamkelompokdanmelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidik.ModelpembelajaranTAImemilikiberbagaikelebihandansintaknyamampumelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikkelasXISMAN7Malang.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemu(QuasiExperimental)dengandesainpretestposttestgroupdesign.SubjekdalampenelitianinidibagimenjadiduakelasyaituXIIIS2sebagaikelaseksperimenyangdiberiperlakuandenganmodelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationdanXIIIS1sebagaikelaskontrolyangdiberiperlakuandenganmenggunakanmodelpembelajarankonvensional.Teknikpengumpulandatamenggunakantesdengansoaluraian.Analisisdatamenggunakanuji-tdenganSPSS16.0forWindows.Hasildaripenelitianinimenunjukkanbahwakemampuanberpikiranalitispesertadidikkelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol.Darihasiluji-tterhadapkemampuanberpikiranalitispesertadidikdidapatkanbahwanilaiprobabilitasadalah0000.Darihasiltersebutnilaiprobabilitas005makaH0ditolakdanH1diterimaataudiinterpretasibahwaterdapatpengaruhkemampuanberpikiranalitispesertadidikkelasXIyangmengikutimodelpembelajaranTeamAssistedIndividualization.ModelpembelajaranTeamAssistedIndividualizationmemilikikelebihanyangmampumelatihkemampuanberpikiranalitis.Olehkarenaitudisarankanuntukdigunakandalammelatihkemampuanberpikiranalitispesertadidikkhususnyapadakompetensidasaryangmenuntutkemampuanberpikiranalitissehinggamenciptakanpembelajaranyanglebihbermaknabagipesertadidik.