Identifikasi permasalahan kegiatan pembelajaran yang dihadapi guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 pada SMA di Kota Malang / Lailatuz Zakiyah
Main Author: | Zakiyah, Lailatuz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53511/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZakiyahLailatuz.2016.IdentifikasiPermasalahanPembelajaranYangDihadapiGuruGeografiDalamImplementasiKurikulum2013PadaSMADiKotaMalang.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGeografiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.YuswantiArianiWirahayuM.Si.(2)Ir.JuartiM.P.KataKuncipermasalahanpembelajarankurikulum2013.BerdasarkanhasilwawancaradengansalahsatugurugeografipadabulanSeptember2015diperolehhasilbahwaguruhanyamampumenjelaskanKurikulum2013secaraumumnamundalamimplementasinyamasihmengalamikesulitan.Kegiatanpembelajaranyangberlangsungbelummampumenerapkansesuaidengankurikulum2013.Penerapanpendekatansaintifikdalamprosespembelajaranjugamasihbelummampumenerapkandenganbaik.Prosespembelajaranbelumterlaksanadenganutuhdansistematissesuaidenganketentuanyangmenuntutpesertadidikaktifsaatprosespembelajaran.Selainitugurujugabelummengertitentangpenambahanmateribaru.OlehkarenaituperludilakukanpenelitianuntukmengetahuipermasalahanpembelajaranyangdihadapiolehgurugeografidikotaMalangdalamimplementasikurikulum2013.Metodepenelitianiniadalahdeskriptif.SubyekpenelitianiniadalahsemuagurugeografiSMAdikotaMalang.Pengumpulandataberupakuesionersemiterbukadanmerupakankuesioneruntukmengumpulkandataprimeryangdapatdigunakanuntukmengetahuipermasalahangurugeografidalammengimplementasikankurikulum2013.Analisisdatamenggunakanteknikpersentase.Berdasarkanvariabelyangadadapatdijabarkandengantigasubvariabelyaitu1)perencanaanpembelajaranberdasarkankurikulum2013terdiridarimengembangkanKDmengembangkanindikatormengembangkanmaterimodelpembelajaranmediapembelajaranevaluasipenyusunanRPPsesuaiformat2)pelaksanaanpembelajaranberdasarkankurikulum2013terdiridarikegiatanpembukaankegiatanintipenerapanpendekatansaintifikkegiatanpenutup3)Evaluasipembelajaranberdasarkankurikulum2013terdiridarilangkah-langkahpenilaiandanteknikpenilaian.Berdasarkanhasilanalisisdiperolehhasilsebagaiberikutimplementasikurikulum2013yangmeliputiperencanaanpelaksanaandanevaluasisudahcukupoptimaldilaksanakanolehgurugeografiSMAdiKotaMalangtetapidalamsetiapaspekimplementasikurikulum2013mengalamipermasalahan.PadaperencanaanpembelajaransebagianbesargurugeografidiKotaMalangmasihmengalamipermasalahandalamhalmenentukankatakerjaoperasionaldalammengembangkanindikator.Permasalahanyangdihadapiolehsebagianbesargurugeografidalampelaksanaanpembelajaranadalahmenerapkanpendekatansaintifikpadakegiatanmenanyadanmengkomunikasikan.Permasalahanyangdihadapiolehsebagianbesargurugeografipadakegiatanevaluasipembelajaranadalahmelakukanpenilaianpadaaspeksikapdanmebuatindikatorpenilaiannya.SaranyangdiberikanpenelitiuntukmenghadapipermasalahangurugeografidiSMAKotaMalangdalamimplementasiKurikulum2013adalahsebagaiberikutgurugeografisebaiknyaselalumenghadirikegiatansosialaisasiatauworkshopterkaitpengembanganKurikulum2013danjugamenghadiriMGMPuntukmendiskusikanbersamapermasalahanpembelajarankurikulum2013yangdihadapiolehsetiapgurudanmencarisolusiuntukmemecahkanpermasalahantersebut.