Penerapan pembelajaran model Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Purwosari Kab. Pasuruan / Ica Ayyu Maraqonita
Main Author: | Maraqonita, Ica Ayyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53510/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaraqonitaIcaAyyu.2016.PenerapanPembelajaranModelTwoStayTwoStray(TSTS)UntukMeningkatkanPemahamanKonsepGeografiSiswaKelasXIIps-2Sman1Purwosari.Skripsi.PendidikanGeografiSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.HadiSoekamtoS.HM.PdM.Si(II)Dra.YuswantiArianiWM.SiKataKunciModelTwoStayTwoStray(TSTS)PemahamanKonsep.Berdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpadatanggal5Oktober2015diperolehgambarankondisisiswadikelasXIIPS-2SMANegeri1Purwosari.Kemampuanmemahamikonsepmasihtergolongrendahbaiksecaralisanmaupuntertulis.Hanya12%siswayangmampumenjawabpertanyaandenganbenardandikaitkandenganpengetahuanyangdiketahui.Sisanya88%hanyadiamdanmendengarkan.Kelasinimemilikinilairata-ratapalingrendahdaripadakelasyanglain.FaktorpenyebabnyaadalahpembelajaranmasihdidominasiguruguruhanyamemberikansoalyangadadiLKSdanmodelpembelajaranguruyangmembosankan.Untukmengatasipermasalahantersebutmakaperludilakukanpenelitianpenerapanpembelajaranyangdapatmeningkatkanpemahamankonsep.SalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajaranTwoStayTwoStray(TSTS)untukmeningkatkanpemahamankonsepsiswakelasXIIPS-2semesterganjildiSMANegeri1Purwosari.PenelitianinimerupakanjenisPenelitianTindakanKelas.TujuanpenelitianiniadalahmengetahuiapakahmodelTSTSdapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Subyekpenelitianadalah33siswakelasXIIPS-2SMANegeri1PurwosaridenganmateridisemesterganjilyaituPersebaranfloradanfaunadiIndonesiadandunia.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadanyapeningkatannilaitespemahamankonseppadasiklusIdansiklusII.HasiltesdiperolehkenaikandaripratindakankesiklusIyaitu215%.KenaikanpadasiklusIkesiklusII457.Rata-ratanilaihasilteskemampuanmemahamikonseppadasiklusIyaitu7915menjadi8372padasiklusII.Persentasepeningkatanpadapenelitianinisebanyak577%.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu(1)bagipenelitiselanjutnyadisarankanuntukmemfokuskkanpenggunaanmodelpembelajaranTSTSdalampeningkatanpemahamankonsepuntukmengungkapkanide/pendapat(2)bagipenelitiselanjutnyayangberminatmenggunakanpembelajarandenganmodelTSTSagardapatdikembangkanlebihlanjutpadamaterilaindanpadamatapelajaranlainagardapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.