Sekolah Dolan sebagai lembaga pendidikan nonformal / Muhammad Hamdani
Main Author: | Hamdani, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5351/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKHamdaniMuhammad.2018.SekolahDolanSebagaiLembagaPendidikanNonformalFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ZulkarnaenNasutionM.PdM.Si(II)SopingiS.Sos.M.Pd.KataKunciSekolahDolanProgramInstitusiPendidikanNonformalSekolahDolanadalahlembagayangmelayanikebutuhanpendampingananak-anakyangmerasatidaknyamandisekolahatauanak-anakyangmerasamampuuntukmelakukanpercepatandalambelajarnya(akselerasi).SekolahDolanmemberikanpendampinganbelajardengantigacarayaituhomevisitcommunityvisitdandistancelearning.SekolahDolanadalahbentukpendidikannonformalhakekatnyasekolahdolanadalahprogrampendidikankesetaraandalambentuklayananalternatifkarenapersekolaanharusmenempuhujiannasional.Pendidikannonformalrelatiflebihfleksibelkarenatidakterpakudenganaturan-aturanpersekolahanpersyaratanunsur-unsurpengelolanyalebihfleksibelmateripelajaranataulatihannyarelatiflebihluwesdanmaterimatapelajaranpadaumumnyalebihbanyakyangbersifatpraktisdankhususPenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahaldiantaranyaSekolahDolanmenerapkanprograminstitusipendidikannonformalpengelolaanSekolahDolandanprosespembelajarandiSekolahDolan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankualitatifstudikasus.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikwawancaraobservasidandokumentasi.Sumberdatadalampenelitianinibersifatsnowballsampling.LokasipenelitianinidilakukandiSekolahDolanyangberalamatdiPerumVillaBukitTidarA2-156/A4-209KotaMalangJawaTimur.Analisisdatadilakukandengancarareduksidatapenyajiandatadanpenarikkankesimpulan.Pengecekkankeabsahandatadalampenelitianinimenggunakantekniktriangulasimetodedantriangulasisumber.Temuanpenelitianberupa(1)SekolahDolanmenerapkanprograminstitusipendidikannonformal.(2)PengelolaanlembagaSekolahDolanbersifatdinamispartisipatifdanterbukasertaberlandaskankomitmenpengeloladanpesertadidik.(3)ProsespembelajarannonformaldiSekolahDolanbersifatfleksibeldanmenggunakanmetodeexperientallearningsertamenggunaansaranadanprasaranalembagasebagaimedia.Berdasarkanhasilpenelitiantersebutdiharapkanagar(1)penerapanprograminstitusipendidikannonformaldiSekolahDolandijalankandenganberkelanjutantentunyadenganperbaikanbeberapaaspekterutamasumberbelajaryangharusdiperkaya.(2)Sebaiknyaperencanaandankegiatansertapembelajarandirencanakandenganmatangsehinggahasilyangdiperolehjugamaksimal.