Penerapan pembelajaran probing-prompting untuk meningkatrkan pemahaman konsep geografi siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Madiun semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 / Rian Nanda bagus Wahyu P.

Main Author: Wahyu P., Rian Nanda Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53507/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratama.RianNandaBagusWahyu.2016.PenerapanModelPembelajaranProbing-PromptinguntukMeningkatkanKemampuanPemahamanKonsepGeografiSiswaKelasXIPS3SMANegeri4MadiunSemesterGanjilTahunAjaran2016/2017.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosial.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)Ir.JuartiM.P.KataKunciProbing-PromptingPemahamanKonsepGeografiBerdasarkanpengamatanyangdilakukanolehpenelitipadasemesterganjil2016/2017dikelasXIPS3SMANegeri4Madiundiketahuipemahamankonsepgeografisiswamasihrendah.Halinidisebabkanpembelajaranyangdilakukanolehgurukurangmampumengasahpemahamankonsepgeografisiswa.ModelpembelajaranyangdisarankanuntukmengatasirendahnyapemahamankonsepgeografiadalahmodelpembelajaranProbing-Prompting.PenelitianinibertujuanuntukmengatasipermasalahanyangadadikelasXIPS3rendahnyapemahamankonsepgeografidenganpenerapanmodelpembelajaranProbing-Prompting.Penelitianinitermasukdalampenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakandikelasXIPS3SMANegeri4Madiundengansubjekpenelitian37siswa.Pengukurannilaipemahamankonsepgeografidapatdiukurmenggunakansoalessayyangberjumalah4butirsoalpemahamankonsepyangdilakukanpasca-siklus.BerdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwaadapeningkatanhasilpemahamankonsepgeografisiswakelasXIPS3SMANegeri4Madiun.Rata-ratanilaipemahamankonsepgeografisiswaPra-Tindakanadalah436nilairata-ratapemahamankonseppascasiklusImengalamipeningkatan305%menjadi695dannilaipemahamankonseppascasiklusIImeningkat186%menjadi814.BerdasarkandatahasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwapembelajaranmodelProbing-PromptingdapatmeningkatkanpemahamankonsepgeografisiswakelasXIPS3SMANegeri4Madiunsemesterganjiltahunajaran2016/2017.