Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurlaela
Main Author: | Nurlaela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53502/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurlaela.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamsGamesTournamentterhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.YusufSuhartoM.PdpembimbingIIDrs.M.YusufIdrisKataKunciTeamsGamesTournamentmotivasibelajargeografiMotivasibelajargeografiialahdorongandalamdirisiswauntukbelajardalammengenalifenomenageosferdilingkungannyauntukdapatmenyinergikanpengetahuanyangdimilikidengankehidupannya.Menumbuhkanmotivasibelajargeografidapatdilakukandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangsesuai.ModelpembelajaranyangdianggapsesuaiuntukmeningkatkanmotivasibelajargeografisiswaadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamsGamesTournamentterhadapmotivasibelajargeografisiswa.PenelitianinidilakukandikelasXIISSMALaboratoriumUMpadamaterihubunganmanusiadanlingkunganakibatdinamikaatmosfer.SubjekpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasXIIS1sebagaikelaskontroldenganperlakuanmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabdankelasXIIS2sebagaikelaseksperimendenganperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament.Instrumenpenelitianberupaangketmotivasibelajargeografiyangdiberikanpadasaatpratesdanpascates.Teknikanalisisdatadilakukandenganujitpadatarafsignifikasi9455%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasibelajargeografisiswayangsignifikanantarakelaskontroldankelaseksperimen.Skorgainscorerata-ratamotivasibelajargeografisiswapadakelaskontrolsebesar1.22danskorgainscorerata-ratamotivasibelajargeografisiswapadakelaseksperimensebesar11.58.Hasilujitpadatarafsignifikasi9455%adalah0.000