Pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Nurlaela

Main Author: Nurlaela
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53502/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNurlaela.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamsGamesTournamentterhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaSMALaboratoriumUniversitasNegeriMalang.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.PembimbingIDrs.YusufSuhartoM.PdpembimbingIIDrs.M.YusufIdrisKataKunciTeamsGamesTournamentmotivasibelajargeografiMotivasibelajargeografiialahdorongandalamdirisiswauntukbelajardalammengenalifenomenageosferdilingkungannyauntukdapatmenyinergikanpengetahuanyangdimilikidengankehidupannya.Menumbuhkanmotivasibelajargeografidapatdilakukandenganmenggunakanmodelpembelajaranyangsesuai.ModelpembelajaranyangdianggapsesuaiuntukmeningkatkanmotivasibelajargeografisiswaadalahdenganmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamsGamesTournamentterhadapmotivasibelajargeografisiswa.PenelitianinidilakukandikelasXIISSMALaboratoriumUMpadamaterihubunganmanusiadanlingkunganakibatdinamikaatmosfer.SubjekpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasXIIS1sebagaikelaskontroldenganperlakuanmenggunakanmetodeceramahdantanyajawabdankelasXIIS2sebagaikelaseksperimendenganperlakuanmenggunakanmodelpembelajaranTeamsGamesTournament.Instrumenpenelitianberupaangketmotivasibelajargeografiyangdiberikanpadasaatpratesdanpascates.Teknikanalisisdatadilakukandenganujitpadatarafsignifikasi9455%.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanmotivasibelajargeografisiswayangsignifikanantarakelaskontroldankelaseksperimen.Skorgainscorerata-ratamotivasibelajargeografisiswapadakelaskontrolsebesar1.22danskorgainscorerata-ratamotivasibelajargeografisiswapadakelaseksperimensebesar11.58.Hasilujitpadatarafsignifikasi9455%adalah0.000