Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Firda Nisa Izzanatul Hikmah
Main Author: | Hikmah, Firda Nisa Izzanatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53497/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHikmahFirdaNisaI.2016.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)terhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaSMAPadaMataPelajaranGeografi.Skripsi.JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)BagusSetiabudiWiwohoS.Si.M.Si.KataKunciModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)KemampuanBerpikirKritis.ModelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)diperkenalkanolehHuinkerdanLaughlinyangpadadasarnyamodelpembelajaraninidibangunmelalui3tahapanyaituberpikirberbicaradanmenulis.DenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)siswamampumengkonstruksipengetahuanmengorganisasiidekemudianmengujiidesertamenuliskanhasilnyadalambentuktulisan.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)terhadapkemampuanberpikirkritissiswa.RancanganpenelitianmenggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.PenelitiandilakukandikelasXIIS1berjumlah27siswasebagaikelaskontroldanXIIS3sebagaikelaseksperimendenganjumlah27siswaSMANegeri1GondangTulungagungtahunajaran2015/2016rata-ratanilaiUAShampirsama.Instrumenuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswamenggunakantesessaisebanyak6soal.Teknikanalisisdatamenggunakangainscoredandianasisujit(t-test)denganbantuanSPSSforwindows.Hasilpenelitianmenunjukkangainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitu2414untukkelaseksperimendan1637untukkelaskontrol.Hasilujitmenunjukkanujithitunguntuknilaiberpikirkritislebihkecildaripada005(p