Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada mata pelajaran geografi / Firda Nisa Izzanatul Hikmah

Main Author: Hikmah, Firda Nisa Izzanatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53497/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHikmahFirdaNisaI.2016.PengaruhModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)terhadapKemampuanBerpikirKritisSiswaSMAPadaMataPelajaranGeografi.Skripsi.JurusanPendidikanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(II)BagusSetiabudiWiwohoS.Si.M.Si.KataKunciModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)KemampuanBerpikirKritis.ModelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)diperkenalkanolehHuinkerdanLaughlinyangpadadasarnyamodelpembelajaraninidibangunmelalui3tahapanyaituberpikirberbicaradanmenulis.DenganmenggunakanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)siswamampumengkonstruksipengetahuanmengorganisasiidekemudianmengujiidesertamenuliskanhasilnyadalambentuktulisan.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)terhadapkemampuanberpikirkritissiswa.RancanganpenelitianmenggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.PenelitiandilakukandikelasXIIS1berjumlah27siswasebagaikelaskontroldanXIIS3sebagaikelaseksperimendenganjumlah27siswaSMANegeri1GondangTulungagungtahunajaran2015/2016rata-ratanilaiUAShampirsama.Instrumenuntukmengukurkemampuanberpikirkritissiswamenggunakantesessaisebanyak6soal.Teknikanalisisdatamenggunakangainscoredandianasisujit(t-test)denganbantuanSPSSforwindows.Hasilpenelitianmenunjukkangainscorekelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolyaitu2414untukkelaseksperimendan1637untukkelaskontrol.Hasilujitmenunjukkanujithitunguntuknilaiberpikirkritislebihkecildaripada005(p