Pengaruh model pembelajaran group investigation melalui studi lapangan (field study) terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas XI IPS MAN Kota Batu / Dwitya Kartika Sari

Main Author: Sari, Dwitya Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53487/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariDwityaKatika.2016.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationMelaluiStudiLapangan(FieldStudy)TerhadapKemampuanMemecahkanMasalahPadaMateriPencemaranLingkunganSiswaKelasXIIPSMANKotaBatu.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.BudijantoM.Sos(II)Drs.HendriPurwitoM.Si.KataKunciGroupInvestigationmelaluistudilapangankemampuanmemecahkanmasalahKeberhasilansuatupembelajarantergantungpadaprosespencapaianpembelajarantersebut.Kreatifitasdalammengolahkelaspemilihanmodelpembelajaranmenjadifaktorutamadalammeningkatkankeaktifandankreatifitassiswadalamkelasdanmemberikanpeluangkeberhasilandalammencapaitujuanpembelajaran.KelasXIIPSdiMANKotaBatumempunyaipermasalahandengankeaktifansiswayangkurang(pasif)dankurangbisamenganalisisimasalahmaupundalammemecahkannya.Salahsatumodelpembelajaranyangdapatmenunjangkeberhasilahdalampembelajarandaripermasalahantersebutadalahmodelgroupinvestigationmelaluistudilapangandimanasiswatidakhanyapasifdidalamkelasdanmelatihdanmeningkatkankemampuanmemecahkanmasalahpadasiswakarenasiswaterlibatlangsungdilokasiterjadinyapermasalahantersebutkarenamatapelajarangeografiadalahilmuyangmempelajarifenomenaalamsekitar.Permasalahantersebutmakapenelitianinidilakukanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajarangroupinvestigationmelaluistudilapanganterhadapkemampuanmemecahkanmasalah.Jenispenelitianinitermasukkedalameksperimensemu(quasiexperiment)denganmenggunakandesainPretest-posttestControlGroupDesigndimanadalampenelitianinimenggunakanduankelasyaitukelasXIIPS1sebagaikelaseksperimendanXIIPS2sebagaikelaskontrol.Instrumentpengukurankemampuanmemecahkanmasalahmenggunakansoaltesberjumlah5soalesaiyangdilakukanujiinstrumentmenggunakanujivaliditasdenganbantuanahliyaitupembimbingpenelitiandanreliabilitas.SedangkananalisisdataberupaujinormalitashomogenitasdanujihipotesismenggunakanperhitunganujitatauIndependentSampleT-test.Hasilpenelitiananalisisdatayangdiperolehbahwadiketahuiberdasarkanhasilujihipotesisyangmenunjukkangainscorekemampuanmemecahkanmasalahkelaseksperimen(833)lebihtinggidaripadakelascontroldengannilairata-rata(613).SehinggadapatdisimpulkanbahwaH1diterimadanH0ditolak.Artinyabahwaadapengaruhmodelpembelajarangroupinvestigationmelaluistudilapangan(fieldstudy)tehadapkemampuanmemecahkanmasalahsiswakelasXIIPSMANKotaBatu.Kesimpulanyangdapatdiambildaripenelitianiniadalahadapengaruhmodelpembelajarangroupinvestigationmelaluistudilapangan(fieldstudi)terhadapkemampuanmemecahkanmasalahpadamateripencemaranlingkungansiswakelasXIIPSMANKotaBatu.