Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) melalui lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan Blitar / Wilujeng Retnaningtyas
Main Author: | Retnaningtyas, Wilujeng |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53481/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRetnaningWilujeng.2016.PenerapanModelPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)MelaluiLembarKerjaSiswaUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitar.SkripsiJurusanGeografifakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd.KatakunciKemampuanberpikirkritissiswamodelpembelajaranberbasismasalahPenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitardenganmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalah.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitar.ObjekpenelitianiniadalahkeseluruhanprosesdanhasilpembelajaranGeografidenganpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalah.Instrumenyangdilakukanadalahlembarobservasiketerlaksanaanmodellembarobservasiketerlibatansiswalembarkegiatansiswadantesessay.Teknikanalisisdatadilakukansecaradeskriptifkuantitatif.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklusdenganmenerapkanmodelpembelajaranberbasismasalah.Langkah-langkahpembelajaranyangdilaksanakanadalahpenyampaianmateripelajaranpembentukankelompokdiskusiuntukmenganalisispermasalahanmengumpulkaninformasimerumuskanpemecahanmasalahmenyajikanhasildiskusidanperwakilankelompoksiswamenyampaikanhasildiskusididepankelas.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitarmeningkatsetelahditerapkanmodelpembelajaranberbasismasalahdalampembelajaranGeografidenganmateripokokPelestarianLingkunganHidup.Peningkataniniterbuktipadapeningkatankemampuanberpikirkritissiswadariskorreratapratindakansebesar6756menjadi7322padasiklusIdanpadasiklusIImeningkatmenjadi7822.Disimpulkanbahwamodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.ModelpembelajaranPBLdapatmemberimanfaatpadasiswayaitusiswadapatlebihselektifdalammemecahkanpermasalahandilingkungannya.DisarankangurumenggunakanmodelpembelajaranPBMkhususnyapadamatapelajaranGeografidanmemilihtopikpermasalahanyangterjadidilingkungansekitar.