Penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) melalui lembar kerja siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kademangan Blitar / Wilujeng Retnaningtyas

Main Author: Retnaningtyas, Wilujeng
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53481/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRetnaningWilujeng.2016.PenerapanModelPembelajaranBerbasisMasalah(PBM)MelaluiLembarKerjaSiswaUntukMeningkatkanKemampuanBerpikirKritisSiswaKelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitar.SkripsiJurusanGeografifakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)ArdyantoTanjungS.Pd.M.Pd.KatakunciKemampuanberpikirkritissiswamodelpembelajaranberbasismasalahPenelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitardenganmenggunakanmodelpembelajaranberbasismasalah.PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitar.ObjekpenelitianiniadalahkeseluruhanprosesdanhasilpembelajaranGeografidenganpenerapanmodelpembelajaranberbasismasalah.Instrumenyangdilakukanadalahlembarobservasiketerlaksanaanmodellembarobservasiketerlibatansiswalembarkegiatansiswadantesessay.Teknikanalisisdatadilakukansecaradeskriptifkuantitatif.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklusdenganmenerapkanmodelpembelajaranberbasismasalah.Langkah-langkahpembelajaranyangdilaksanakanadalahpenyampaianmateripelajaranpembentukankelompokdiskusiuntukmenganalisispermasalahanmengumpulkaninformasimerumuskanpemecahanmasalahmenyajikanhasildiskusidanperwakilankelompoksiswamenyampaikanhasildiskusididepankelas.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanberpikirkritissiswakelasXIIPS2SMANegeri1KademanganBlitarmeningkatsetelahditerapkanmodelpembelajaranberbasismasalahdalampembelajaranGeografidenganmateripokokPelestarianLingkunganHidup.Peningkataniniterbuktipadapeningkatankemampuanberpikirkritissiswadariskorreratapratindakansebesar6756menjadi7322padasiklusIdanpadasiklusIImeningkatmenjadi7822.Disimpulkanbahwamodelpembelajaranberbasismasalahdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.ModelpembelajaranPBLdapatmemberimanfaatpadasiswayaitusiswadapatlebihselektifdalammemecahkanpermasalahandilingkungannya.DisarankangurumenggunakanmodelpembelajaranPBMkhususnyapadamatapelajaranGeografidanmemilihtopikpermasalahanyangterjadidilingkungansekitar.