Peningkatan kemampuan berpikir ktitis siswa kelas XI IIS SMAN 1 Lawang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran geografi / Yoga Dian Kurniawan

Main Author: Kurniawan, Yoga Dian
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53477/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurniawanYogaDian.2016.PeningkatanKemampuanBerpikirKritisPesertadidikKelasXIIIS4SMAN1LawangMelaluiPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerbimbingPadaMataPelajaranGeografi.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd.(II)Drs.DidikTaryanaM.Si.KataKunciKemampuanBerpikirKritisModelInkuiriTerbimbingPembelajaranyangdilakukanolehgurumasihdidominasimenggunakanmetodeceramahatauberceritasehinggamenyebabkanrendahnyakemampuanberpikirkritispadapesertadidikyangdiketahuidaricaramenjawabpertanyaanpadasaatdiskusimasihmerasakesulitanuntukmerumuskansuatumasalahdankebingunganuntukmenyimpulkannyasertatidakmampuuntukmemberikansolusialternatifyangbaik.HaltersebutmengakibatkanhasilbelajarpesertadidikkelasXIIIS4SMAN1LawangKabupatenMalangmenjadirendah.OlehkarenaitutujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXIIIS4SMAN1Lawangmelaluipenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingpadamatapelajarangeografi.Penelitianinimerupakanjenispenelitiantindakankelas(PTK)yangdilaksanakansebanyak2kalisiklustindakan.Setiapsiklusmelakukankegiatanpembelajarandengantigakalipertemuan.RancanganPTKyangdigunakanpadapenelitianiniterdiridaritahapanperencanaantindakanobservasidanrefleksi.Teknikpengumpulandatadilakukanmelaluiduacarayaitutesyangdilakukanpadasetiapakhirsiklusdanobservasidokumentasisertacatatanlapangan.Analisisdatayangdigunakanberupadatakuantitatifyangselanjutnyaakandianalisissecaradeskriptif.SubjekdalampenelitiantindakankelasiniadalahpesertadidikkelasXIIIS4SMAN1LawangKabupatenMalang.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidik.Haltersebutdibuktikandarihasilanalisisdatasecaraklasikal.HasilanalisispersentasepeningkatankemampuanberpikirkritispesertadidikpadasiklusIsebesar67nilairata-ratanyasedangkanpadasiklusIImengalamipeningkatanpersentasesebesar76nilairata-ratanya.Makadarihasilnilairata-ratakemampuanberpikirkritissiklusIkesiklusIItersebutdikategorikanmengalamipeningkatansebesar10%.KesimpulanyangdapatdiambildarihasilpenelitianinibahwapenerapanmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdapatmeningkatkankemampuanberpikirkritispesertadidikkelasXIIIS4SMAN1Lawangpadamatapelajarangeografidenganmateripelestarianlingkunganhidupdalampembangunanberkelanjutan.