Pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang / Bayu Adi Nugraha

Main Author: Nugraha, Bayu Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53475/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNugrahaBayuAdi.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamGameTournamentTerhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaKelasXSMAN10Malang.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)PurwantoS.Pd.M.Si.KataKuncimodelpembelajaranTeamGameTournamentmotivasibelajargeografi.Modelpembelajarankonvesionalyangditerapkangurudisekolahberdampakterhadapmotivasibelajargeografisiswa.Siswacenderungengganmengikutimatapelajarangeografikarenasiswamerasatidakbisamenerapkanpelajaranyangdidapatdalamkehidupansehari-harisehinggakurangbermanfaat.Untukmengatasipermasalahantersebutdibutuhkansebuahmodelpembelajaranyanginovatif.ModelpembelajaranTeamGameTournamentbisamenjadisalahsatualternatifuntukmenstimulasimotivasibelajargeografisiswa.Modelpembelajarandapatmenstimulasimotivasibelajargeografisiswakarenamengandungunsurkompetisidanpenghargaan.RancanganpenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemumenggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.PenelitianinimenggunakankelasX6J2sebagaikelaseksperimendankelasX6K2sebagaikelaskontroldenganpengambilansamplesimplerandomsamplingkarenasemuakelasXIlmuSosialmempunyaikemampuanyanghampirsama.Instrumenpengukuranmotivasibelajarmenggunakanangketdengan20butirpenyataan.Analisisdatayangdigunakanadalahuji-t.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranTeamGameTournamentberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa.Haltersebutdapatdilihatdarinilairata-ratagainscoreyangmenunjukkanbahwanilairata-ratasiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadasiswakelaskontrol.Kelaseksperimenmendapatnilairata-ratagainscore683sedangkannilairata-ratagainscorekelaskontrolsebesar269.ModelpembelajaranTeamGameTournamentmemilikikelebihandapatmembangkitkanmotivasibelajarsiswakarenamengandungunsurpenguatan(reinforcement).Semuasiswadituntutuntukberkompetisidengankemampuanyangdimilikiolehsetiapindividu.Saranuntukpenelitianselanjutnyaagarmendapathasilyangoptimaladalahmotivasisiswatidakhanyadibangundariluardengancarapemberianhadiahtetapimotivasijugaperludibangundaridalamdirisiswasendiri.SaatmotivasidaridalamdirisiswamampudibangkitkanmakaakantercapaipembelajaranTeamGameTournamentyangbaikdanmaksimal.