Pengaruh model pembelajaran team game tournament terhadap motivasi belajar geografi siswa kelas X SMAN 10 Malang / Bayu Adi Nugraha
Main Author: | Nugraha, Bayu Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53475/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNugrahaBayuAdi.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamGameTournamentTerhadapMotivasiBelajarGeografiSiswaKelasXSMAN10Malang.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)PurwantoS.Pd.M.Si.KataKuncimodelpembelajaranTeamGameTournamentmotivasibelajargeografi.Modelpembelajarankonvesionalyangditerapkangurudisekolahberdampakterhadapmotivasibelajargeografisiswa.Siswacenderungengganmengikutimatapelajarangeografikarenasiswamerasatidakbisamenerapkanpelajaranyangdidapatdalamkehidupansehari-harisehinggakurangbermanfaat.Untukmengatasipermasalahantersebutdibutuhkansebuahmodelpembelajaranyanginovatif.ModelpembelajaranTeamGameTournamentbisamenjadisalahsatualternatifuntukmenstimulasimotivasibelajargeografisiswa.Modelpembelajarandapatmenstimulasimotivasibelajargeografisiswakarenamengandungunsurkompetisidanpenghargaan.RancanganpenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemumenggunakanPretest-PosttestControlGroupDesign.PenelitianinimenggunakankelasX6J2sebagaikelaseksperimendankelasX6K2sebagaikelaskontroldenganpengambilansamplesimplerandomsamplingkarenasemuakelasXIlmuSosialmempunyaikemampuanyanghampirsama.Instrumenpengukuranmotivasibelajarmenggunakanangketdengan20butirpenyataan.Analisisdatayangdigunakanadalahuji-t.HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranTeamGameTournamentberpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa.Haltersebutdapatdilihatdarinilairata-ratagainscoreyangmenunjukkanbahwanilairata-ratasiswakelaseksperimenlebihtinggidaripadasiswakelaskontrol.Kelaseksperimenmendapatnilairata-ratagainscore683sedangkannilairata-ratagainscorekelaskontrolsebesar269.ModelpembelajaranTeamGameTournamentmemilikikelebihandapatmembangkitkanmotivasibelajarsiswakarenamengandungunsurpenguatan(reinforcement).Semuasiswadituntutuntukberkompetisidengankemampuanyangdimilikiolehsetiapindividu.Saranuntukpenelitianselanjutnyaagarmendapathasilyangoptimaladalahmotivasisiswatidakhanyadibangundariluardengancarapemberianhadiahtetapimotivasijugaperludibangundaridalamdirisiswasendiri.SaatmotivasidaridalamdirisiswamampudibangkitkanmakaakantercapaipembelajaranTeamGameTournamentyangbaikdanmaksimal.