Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) untuk meningkatkan hasil belajar hidrosfer peserta didik pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Tamansiswa semester II tahun 2015-2016 / Eva Ratna Cempaka Sari
Main Author: | Sari, Eva Ratna Cempaka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53473/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKCempakaSariEvaRatna.2016.PenerapanModelPembelajaranGroupInvestigation(GI)UntukMeningkatkanHasilBelajarHidrosferPesertaDidikPadaMataPelajaranGeografiKelasXSMATamansiswaSemesterIITahun2015-2016.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MustofaM.Pd.(II)Drs.DjokoSoelistijoM.Si.KatakunciHasilBelajarGroupInvestigation(GI)RefleksiawalterhadappembelajaranGeografiyangdilakukanbersamaandenganpelaksanaanKPLteridentifikasimasalah-masalahpembelajaransebagaiberikut(1)rendahnyaantusiasbelajarGeografipesertadidik(2)rendahnyahasilbelajarpesertadidikdenganbuktinilaihasilbelajarGeografidan(3)metodepembelajaranyangdigunakanolehgurumasihdidominasiceramah.DariketigamasalahtersebutmakadapatditarikakarpermasalahanyangterjadiyaitumetodepembelajaranyangdipakaiolehgurudalammengajaryaitumetodeceramahPenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanhasilbelajarHidrosferpesertadidikpadamatapelajaranGeografikelasXIISdiSMATamansiswaKotaMalang.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiantindakankelas(PTK)modelKemmisdanMCTaggartyangterdiridaritahapperencanaantindakanobservasidanrefleksiyangdilaksanakanmenggunakanduasiklus.Setiapsiklusterdiridariduakalipertemuan.Teknikpengumpulandatamenggunakantigacarayaitu(1)tesyangdilakukanpadasetiapakhirsiklus(2)observasidan(3)catatanlapangan.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptif.HasilpenelitianinimenunjukkanmodelpembelajaranGroupInvestigation(GI)dapatmeningkatkanhasilbelajarHidrosferpesertadidikpadamatapelajaranGeografidikelasXIISSMATamansiswa(TamanMadya)KotaMalangpadaKompetensiDasar3.6MenganalisishubunganantaramanusiadenganlingkungansebagaiakibatdaridinamikahidrosferadenganmateripokokSiklusHidrologidanPerairanDaratbaiksecaraindividumaupunklasikal.Selainitupenurunanpsikologipesertadidikmelauifaktordaridalamdanluardapatmempengaruhitujuanpembelajaranyangakandicapai.Berdasarkanhasilpenelitiandalammengajarpengelolaankelasyangbaikdankemampuanmemberikanmotivasisangatdiperlukan.Sehingafaktor-faktordariluaryangmunculketikapembelajaranberlangsungtidakmemberikandampakyangsignifikanterhadaphasildariprosespembelajaran.Inovasipembelajaranjugadiperlukandikelasagarpesertadidiktidakmerasabosandandapatmeningkatkanataupunmempertahankanprestasinya.