Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 2 MAN Lamongan / Fatkul Utami

Main Author: Utami, Fatkul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53471/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtamiFatkul.2016.PenerapanModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)UntukMeningkatkanKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaPadaMatePelajaranGeorafiKelasXIIPS3MANLamongan.SkripsiJurusanGeografiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.SumarmiM.Pd(II)Dr.DwiyonoHariUtomoM.PdM.Si.KataKunciModelPembelajaranThinkTalkWrite(TTW)BerpikirTingkatTinggiPembelajarandikelassebagianbesarterpusatpadaguruyaituguruyangaktifmendominasipembelajaransedangkansiswapasifhanyamendengarkanguru.Halinimenyebabkansiswatidakmemperolehkesempatanuntukmelatihkemampuanberpikirsiswa.Sehinggaberdampakpadarendahnyakemampuanberpikirtingkattinggisiswa.BerkaitandenganitusalahsatumodelpembelajaranyangsesuaiadalahmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)yaitumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukberpikirberbicaramenyampaikanpendapatdanmenulishasildiskusidenganmelibatkantigatahappentingyaituThink(berpikir)Talk(berdialogatauberbicara)danwrite(menulis).PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)untukmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswapadamatapelajarangeografikelasXIIPS3MANLamongan.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifjenispenelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.DatapenelitiandiperolehdariteskemampuanberpikirtingkattinggisiswadandataobservasiaktivitasgurudansiswapadasaatdiskusikelompokdalampenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW).Pengumpulandatadilakukanmenggunakantekniktescatatanlapanganobservasidandokumentasi.Teknikanalisisdatadimulaidaritahappengolahandatakemudiandilakukanperbandingannilaikemampuanberpikirtingkattinggisiswapadapra-tindakansiklusIdansiklusII.Hasilrata-ratateskemampuanberpikirtingkattinggisiswapra-tindakansebesar5864dengankualifikasicukupbaiksiklusIsebesar6250dengankualifikasicukupbaikdansiklusIIsebesar9596dengankualifikasibaiksekali.DengandemikiandapatdisimpulkanbahwamodelpembelajaranThinktalkWrite(TTW)dapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswa.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdapatdisimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)dapatmeningkatkankemampuanberpikirtingkattinggisiswapadamatapelajarangeografikelasXIIPS3MANLamongan.Adapunsaranyangdapatdiberikanadalah(1)bagigurugeografiadalahmemilihmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)sebagaisalahsatualternatifuntukmengembangkanstrategipembelajarandikelas(2)bagipenelitilanjutuntukmenerapkanmodelpembelajaranThinkTalkWrite(TTW)agarlebihmaksimaldalampenerapanmodel.