Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA / Sandy Ahmad Zulkarnain

Main Author: Zulkarnain, Sandy Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/53470/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKZulkarnainSandyAhmad.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapMotivasiBelajarGeografiSMA.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)BagusSetiabudiWS.Si.M.SiKataKunciPembelajaranTeamGamesTournament(TGT)MotivasiBelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatufaktorpendorongdarikeberhasilankegiatanpembelajaran.Komponenutamamotivasiadalahkebutuhandorongandantujuansiswa.Faktoryangmempengaruhimotivasibelajarsalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranyangdigunakanolehguru.ModelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)merupakanmodelpembelajarankooperatifyangmemasukkanunsurberkelompokdanpermainansertaadanyaturnamendidalamnyasehinggaakanmemacumotivasisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapmotivasibelajargeografisiswaSMA.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIIS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIIS1sebagaikelaskontrol.Instrumenuntukmengetahuimotivasisiswamenggunakanangket.TeknikanalisisyangdigunakanadalahIndependentsamplet-TestyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00ForWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikannilaimotivasiantarakelaseksperimendankelaskontrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwamotivasibelajarkelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar820sedangkankelaskontrolmemilikirata-rata771dengannilaiprobabilitas(p)0001sehinggaadapengaruhmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapmotivasibelajargeografisiswakelasXI.DisarankanagargurumenerapkanmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)sebagaialternatifmodeluntukdigunakandalampembelajarangeografi.Selainitupihaksekolahdiharapkanmemberikaninformasidanpelatihan-pelatihantentangmodelpembelajaraninovatifsepertimodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)denganmendatangkanpihak-pihakyangberkompetendalammodelpembelajaranyangefektifdaninovatifuntukpengetahuangurudanmendukungkegiatanpembelajaran.BagipenelitiselanjutyayangakanmenelitimodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)disarankanuntukmenambahataumenggunakanvariabel-variabellainselainmotivasibelajarsiswadiantaranyayaitukeaktifansiswaminatsiswadanlain-lainsebagaivariabelterikatdandengantempatpenelitiansertajenjangyangberbeda.