Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar geografi siswa SMA / Sandy Ahmad Zulkarnain
Main Author: | Zulkarnain, Sandy Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/53470/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKZulkarnainSandyAhmad.2016.PengaruhModelPembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapMotivasiBelajarGeografiSMA.SkripsiJurusanGeografiFISUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.YusufSuhartoM.Pd(II)BagusSetiabudiWS.Si.M.SiKataKunciPembelajaranTeamGamesTournament(TGT)MotivasiBelajar.Motivasibelajarmerupakansalahsatufaktorpendorongdarikeberhasilankegiatanpembelajaran.Komponenutamamotivasiadalahkebutuhandorongandantujuansiswa.Faktoryangmempengaruhimotivasibelajarsalahsatunyaadalahpenerapanmodelpembelajaranyangdigunakanolehguru.ModelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)merupakanmodelpembelajarankooperatifyangmemasukkanunsurberkelompokdanpermainansertaadanyaturnamendidalamnyasehinggaakanmemacumotivasisiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapmotivasibelajargeografisiswaSMA.Penelitianinitermasukjenispenelitianeksperimensemu(QuasiEksperiment)denganmengambilsubjekpenelitianduakelasyaitukelasXIIIS3sebagaikelaseksperimendankelasXIIIS1sebagaikelaskontrol.Instrumenuntukmengetahuimotivasisiswamenggunakanangket.TeknikanalisisyangdigunakanadalahIndependentsamplet-TestyangdapatdiselesaikandenganbantuanSPSS16.00ForWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanyangsignifikannilaimotivasiantarakelaseksperimendankelaskontrol.Darihasilanalisisdatadiketahuibahwamotivasibelajarkelaseksperimenmemilikirata-ratasebesar820sedangkankelaskontrolmemilikirata-rata771dengannilaiprobabilitas(p)0001sehinggaadapengaruhmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)terhadapmotivasibelajargeografisiswakelasXI.DisarankanagargurumenerapkanmodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)sebagaialternatifmodeluntukdigunakandalampembelajarangeografi.Selainitupihaksekolahdiharapkanmemberikaninformasidanpelatihan-pelatihantentangmodelpembelajaraninovatifsepertimodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)denganmendatangkanpihak-pihakyangberkompetendalammodelpembelajaranyangefektifdaninovatifuntukpengetahuangurudanmendukungkegiatanpembelajaran.BagipenelitiselanjutyayangakanmenelitimodelpembelajaranTeamGamesTournament(TGT)disarankanuntukmenambahataumenggunakanvariabel-variabellainselainmotivasibelajarsiswadiantaranyayaitukeaktifansiswaminatsiswadanlain-lainsebagaivariabelterikatdandengantempatpenelitiansertajenjangyangberbeda.